Resep Tumpeng Mini Nasi Kuning

Tumpeng Mini Nasi Kuning – Nasi tumpeng adalah makanan yang sudah familiar di telinga masyarakat terutama masyarakat jawa. Biasanya nasi tumpeng ini digunakan untuk acara-acara penting seperti hajatan atau selamatan. Jenis dari nasi tumpeng ini ada dua macam yaitu nasi tumpeng dengan menggunakan nasi kuning dengan nasi putih. Namun biasanya memang lebih banyak menggunakan nasi kuning.

Tumpeng Mini Nasi Kuning

Sebenarnya sama saja mau menggunakan nasi putih atau nasi kuning. Namun perbedaannya hanya jika nasi kuning ini dimasak dengan menggunakan bahan-bahan rempah seperti kunyit, santan, daun salam, dan sebagainya. Selain itu, nasi tumpeng juga sekarang hadir dengan tampilan baru yaitu nasi tumpeng dengan ukuran mini atau lebih kecil.

Namun inti bahannya sama hanya yang membedakan adalah ukurannya saja. Bagi Anda yang ingin membuat tumpeng mini nasi kuning maka Anda dapat mengikuti resep berikut ini.

Bahan Tumpeng Mini Nasi Kuning

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat tumpeng mini nasi kuning

  1. Beras sebanyak setengah kilo gram yang kemudian dicuci sampai bersih.
  2. Bahan kedua adalah daun salam sebanyak tiga lembar saja.
  3. Santan sebanyak tujuh ratus limapuluh milliliter.
  4. Daun pandan sebanyak dua lembar saja untuk membuat nasi kuning menjadi harum.
  5. Kemudian satu buah serai yang telah dimemarkan.
  6. Tiga sentimeter kunyit yang dicampur dengan sedikit perasan jeruk nipis.
  7. Bahan yang terakhir adalah garam sebanyak dua sendok.

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan maka selanjutnya Anda hanya perlu membuatnya dengan langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama yang perlu dipakai untuk membuat tumpeng mini nasi kuning adalah dengan mencuci beras yang akan digunakan sampai benar-benar bersih. Kemudian baru Anda dapat mengukus beras tersebut sampai setengah matang.
  2. Langkah kedua yang dilakukan untuk membuat tumpeng mini nasi kuning yang selanjutnya adalah dengan memasak santan yang telah disiapkan dan kemudian juga dicampur dengan bahan lain seperti garam, serai, salam, daun pandang, dan kunyit.

Aduk bahan tersebut sampai merata dan jangan sampai santan pecah karena akan memengaruhi rasa nasi.

  1. Tunggu hingga mendidih dan baru campurkan santan tersebut dengan nasi yang telah dikukus tersebut. Kemudian campur sampai merata. Diamkan sambil diaduk sampai santannya meresap.
  2. Langkah selanjutnya untuk membuat tumpeng mini nasi kuning ini adalah dengan mengukus kembali nasi yang tadi sudah dicampur dengan santan. Kukus hingga tiga puluh menit sampai benar-benar matang.

Setelah nasi kuning sudah matang maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan lauk pauk yang akan digunakan sebagai pelengkapnya.

Masakan pelengkap untuk nasi kuning ini antara lain sebagai berikut ini.

  1. Ayam goreng
  2. Kering tempe
  3. Telur dadar
  4. Mentimun dan tomat
  5. Bawang goreng

Jika nasi sudah matang dan lauk pauk sudah siap maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menata untuk dijadikan tumpeng mini nasi kuning. Hal pertama yaitu dengan membentuk nasi kuning tersebut dengan bentuk yang sesuai selera Anda. Bisa bentuk kerucut, bulat atau yang lain sesuka hati Anda.

Baru setelah itu, Anda bisa menata satu persatu lauk pauk yang telah disiapkan tadi. Tata dengan rapi pada piring atau kotak makanan sehingga akan terlihat bagus. Setelah selesai menata lauk pauk maka tumpeng mini nasi kuning sudah siap untuk disajikan.

Delivery Nasi Tumpeng

Jadi jika Anda sedang ada acara hajatan, selamatan atau acara penting lainnya, maka Anda bisa membuat tumpeng mini nasi kuning di rumah dengan mengikuti resep yang telah dijelaskan tadi. Sehingga Anda dapat menghemat biaya karena tidak perlu memesannya dari toko. Jadi anggaran yang dikeluarkan lebih sedikit dan Anda juga bisa berkreasi sesuai keinginan Anda.

Namun jika Anda tidak memiliki waktu sama sekali untuk membuatnya, Anda bisa memesannya pada jasa catering yang telah terpercaya sejak lama yaitu RoyalTumpeng.com.