Cara Menciptakan Ornamen Cantik untuk Tumpeng Kuning

Resep Nasi Tumpeng Kuning | Cara membuat nasi dan mengolah pelengkapnya pasti akan kita temukan pada resep nasi tumpeng kuning. Namun, ada kalanya Anda ingin mempercantik hidangan tersebut dengan hiasan lain dengan bentuk bunga atau bintang. Ornamen tersebut juga bisa menjadi daya tarik, terutama kalau Anda sedang memasarkan tumpeng tersebut dalam bisnis katering atau paket ulang tahun anak-anak. Presentasi memukau dan rasa makanan yang lezat akan menjadi nilai plus untuk menarik banyak pelanggan.

 

Cara Menciptakan Ornamen Cantik untuk Tumpeng Kuning

 

Sebelum membuat hiasan tersebut, siapkan alat-alat yang akan menunjang kegiatan Anda. Di antaranya adalah cutter, lidi, pisau, dan mould (pisau berbentuk bulan). Alat-alat tersebut yang akan membantu Anda dalam mengukir, mengiris, memotong, atau mengupas sayur maupun buah yang akan dijadikan ornamen. Pastikan alat-alat ini juga bersih tanpa karat. Kemudian, siapkan bahan-bahan yang akan dibuat menjadi hiasan dan bersihkan terlebih dahulu agar nantinya terlihat segar.

Bahan Ornamen Nasi Tumpeng

Selain menguasai resep nasi tumpeng kuning yang baik, membuat ornamennya pun akan menjadi tambahan keterampilan bagi Anda. Hal pertama yang bisa Anda buat adalah alas tumpeng. Agar tidak terlihat biasa, Anda bisa mengalasi tumpeng dengan tampah atau daun pisang. Untuk menambah kesan luas, buat daun pisang menjadi segitiga dan selipkan di pinggiran tampah atau wadah dengan bantuan tusuk lidi.

Ornamen bunga adalah yang paling sering ditemukan pada tumpeng. Anda bisa membuatnya dengan tomat dan timun jepang. Pertama, kupas kulit tomat dalam bentuk melingkar dari tangkai sampai ke ujung dan jangan sampai putus. Jika berhasil, gulung kulit tomat tersebut hingga membentu kelopak mawar. Lalu, iris tipis timur jepang dan letakkan di sekeliling mawar tomat tadi sebagai daunnya.

Bunga aster dari wortel juga sangat mudah dibuat. Iris sayuran tersebut dalam bentuk melingkar dan mempunyai ketebalan 3 milimeter. Cetak sisi wortel tersebut dengan cetakan kue hingga menyerupai kelopak bunga. Kemudian, iris bagian tengah wortel hingga menyerupai bunga aster. Selain dari resep nasi tumpeng kuning, RoyalTumpeng.com juga menyediakan tumpeng dengan hiasan, lho!