Pelajari Dengan Benar Cara Menghangatkan Sambal Goreng Hati agar Tahan Lama

Cara Menghangatkan Sambal Goreng Hati Agar Tahan Lama – Cara ini akan membantu kita untuk menyimpan masakan dengan cara yang benar. Makanan yang masih sisa banyak maka sayang jika dibuang jadi lebih baik jika kita menyimpannya dan memakannya keesokan harinya. Pastikan jika cara menyimpan Anda sudah benar dan tepat. (Baca juga: Resep Membuat Telur Pindang Yang Enak).

Cara Menghangatkan Sambal Goreng Hati agar Tahan Lama

Pernahkah Anda memasak makanan dan tidak habis dalam sekali makan? Sebagian besar dari kita memilih untuk menyimpan makanan tersebut karena sayang jika dibuang. Kebiasaan ini dilakukan oleh banyak orang, hanya saja sedikit di antara mereka yang menyadari bagaimana cara penyimpanan makanan dengan baik agar bisa tahan lama.

Sebelum melakukan penyimpanan, biasanya makanan akan dihangatkan terlebih dahulu. Menghangatkan makanan membutuhkan cara yang benar, jika tidak maka banyak resiko yang bisa dialami setelah menikmati makanan tersebut, seperti diare, muntah, mual atau gangguan perut yang lain.

Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa sekitar satu juta orang di Inggris mengalami keracunan makanan setiap tahunnya dan kebanyakan keracunan dari makanan sendiri. Kemungkinan keracunan makanan ini disebabkan karena adanya bakteri yang berkembang dalam makanan.

Food Standard Egency di Inggris mengatakan jika jenis bakteri Campylobacter ditemukan dalam 65% daging ayam yang dijual di Inggris dan 6% pada daging ayam di Supermarket. Bakteri ini dapat bertahan sampai beberapa jam di permukaan dapur sehingga sangat mudah menyebar ke makanan.

Oleh karena itu, mengapa makanan yang masih sisa harus mendapatkan perlakukan yang benar agar tidak dijadikan tempat bersarangnya bakteri penyebab penyakit ini. Berikut ini adalah tips menyimpan sambal goreng hati agar tahan lama yang bisa dilakukan:

  1. Hangatkan sambal goreng terlebih dulu

Makanan dengan bahan santan biasanya mudah basi sehingga Anda harus bisa menghangatkannya dengan cara yang tepat. Ketika sambal goreng Anda masih sisa maka Anda bisa menghangatkan kembali dengan memasaknya sampai mendidih membentuk gelembung-gelembung dan biarkan beberapa saat kemudian matikan api. Beri ruang sedikit ruang pada panci dengan membukakan sedikit penutupnya dan diamkanlah sampai dingin. Setelah dingin, tutup kembali pancinya dan letakkan di tempat yang kering.

Menu
  1. Suhu dingin kulkas akan mengawetkan sambal goreng hati

Sambal goreng hati mengandung santan yang harus disimpan dengan baik agar tidak mudah basi. Sebelumnya, pasti Anda menghidangkan makanan di suhu ruangan yang normal. Ketika Anda ingin menyimpan sisa sambal goreng sebelumnya, maka Anda bisa memasukkannya ke kulkas. Simpanlah makanan pada wadah yang tertutup baru kemudian simpan wadah itu dalam kulkas hingga keesokan harinya.

  1. Jangan diaduk setelah sambal goreng dipanaskan

Sebagian besar orang akan menghangatkan masakan agar tidak mudah basi. Hanya saja, tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara membuat sambal tidak cepat basi dengan benar. Ketika memanaskan makanan, Anda dapat mengaduknya agar tidak gosong di bagian bawah. Namun, setelah mendidih maka jangan mengaduknya karena sentuhan makanan dengan sendok dapat mempercepat makanan basi, terlebih dengan panci yang terbuka maka kontak udara ini juga bisa membuat makanan basi. Jika memang Anda terpaksa mengambil makanan setelah dipanaskan, maka setelah mengambilnya, Anda bisa memanaskan kembali.

  1. Bekukan sambal goreng hati agar tidak basi

Masih punyai sisa sambal goreng hati? Anda tidak perlu membuangnya karena sayang jika harus dibuang begitu saja. Anda masih bisa mengonsumsinya keesokan hari. Untuk membuat sambal goreng bisa dimakan lagi maka Anda bisa membekukannya agar tidak basi. Caranya dengan memasukkan sambal goreng dalam kantong plastik atau sebuah wadah tertutup tebal kemudian simpan dalam freezer. Tidak perlu bingung jika ingin mengonsumsinya kembali karena Anda bisa melumerkan atau memanaskan terlebih dulu baru kemudian bisa dimasak. Namun, pastikan jika makanan itu disimpan dalam freezer maksimal dua minggu. Akan lebih baik jika makanan cepat habis karena semakin lama nutrisinya juga akan berkurang atau bahkan bisa menimbulkan bakteri penyebab penyakit.

Cara-cara di atas dapat dilakukan untuk mempertahankan makanan bersantan agar tidak basi. Untuk memilih cara mana yang tepat maka sesuaikan dengan jenis makanan yang ingin disimpan. Namun, ingatlah bahwa makanan dengan kandungan santan lebih mudah basi sehingga Anda bisa memperhatikan penyimpanan yang tepat.

Lakukan cara agar sambal tidak cepat basi jika memang terpaksa saja. Apabila makanan hanya sisa sedikit, lebih baik jika Anda membuangnya atau memberikannya pada hewan peliharaan. Meskipun makanan telah disimpan di tempat terbaik atau dipanaskan dengan cara yang tepat, pastinya makanan yang segar lebih baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, Anda bisa menakar sendiri makanan seberapa yang bisa untuk satu hari itu.