Jual Hewan Qurban Kambing dan Sapi

Jual Hewan Qurban Kambing dan Sapi – Mengolah hewan qurban tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pengusaha atau peternak hewan qurban harus memenuhi beberapa syarat ketika hendak menjual hewan ternak miliknya.

Hal tersebut penting mengingat hewan-hewan qurban yang termasuk kambing, sapi, domba, kerbau maupun unta harus dalam kondisi baik supaya sah pada saat proses penyembelihan. Tidak hanya kondisi fisik, penjual hewan qurban juga harus memenuhi persyaratan secara administrasi dan teknis.

Berikut akan diulas apa saja syarat untuk menjual hewan qurban, tips membeli, serta bagaimana cara mengolah daging qurban.

Jual Hewan Qurban Kambing dan Sapi

Syarat Jual Hewan Qurban Kambing dan Sapi 

  • Kondisi Fisik Hewan Qurban

Kesehatan dan kondisi fisik hewan qurban adalah hal penting yang wajib diperhatikan oleh penjual. Karena sesuai dengan syariat Islam hewan qurban harus dalam kondisi sehat dan tidak ada kekurangan apa pun. Kekurangan bisa berupa cacat fisik seperti kaki pincang, mata tidak bisa melihat, telinga tidak normal, dan jenis cacat lain yang menyebabkan fisik hewan menjadi tidak normal.

Kondisi lain yang harus diperhatikan adalah hewan qurban yang dijual pastikan memiliki bobot yang ideal atau tidak kurus. Hewan qurban yang kurus bisa menjadi ciri-ciri bahwa kondisi kesehatannya terganggu hingga tidak nafsu makan.

Selain itu hewan qurban yang gemuk akan menghasilkan banyak daging dan bisa dibagikan kepada orang banyak. Pemilik usaha jual hewan qurban kambing dan sapi terbaik pasti akan menawarkan hewan ternak terbaik dengan menjelaskan kondisi hewan sedetail mungkin.

Terakhir, jangan sampai menjual hewan qurban yang sedang hamil karena Islam melarang hal tersebut. Baik di usia berapa pun, jadi hanya diperkenankan menjual hewan qurban berjenis kelamin jantan saja.

  • Jenis Hewan Qurban

Ketika ingin jual hewan qurban kambing dan sapi murah, pastikan persediaan hewan yang akan dijual memang diperbolehkan sebagai hewan qurban. Misalnya kambing, domba, sapi, kerbau dan unta.

Dengan menyediakan berbagai jenis hewan qurban pembeli akan lebih mudah menentukan hewan mana yang akan dibeli sesuai kebutuhan. Karena setiap jenis hewan qurban mempunyai harga dan wujud fisik yang berbeda-beda.

  • Usia Hewan Qurban

Jual hewan qurban kambing dan sapi sesuai syariat wajib memperhatikan usia hewan qurban itu sendiri. Hal ini sudah diatur di dalam agama, maka jika tidak memenuhi kriteria usia hewan yang bisa di qurban akan tidak sah nantinya. Bagi penjual berikut rentang usia hewan yang dapat dijadikan hewan qurban:

  • Untuk sapi dan kerbau 2 tahun
  • Untuk unta 5 tahun
  • Untuk domba minimal 1 tahun atau bisa dilihat dari gigi domba yang sudah berganti
  • Untuk kambing 2 tahun
  • Hewan Milik Pribadi

Baik bagi penjual atau siapa pun yang ingin berqurban hewan yang digunakan harus milik pribadi dan diperoleh dengan cara yang baik. Apabila hewan didapat dengan cara berikut maka hewan tersebut tidak boleh dijadikan sebagai hewan qurban.

  • Diperoleh dari warisan
  • Hewan adalah pemberian baik hadiah atau hibah
  • Hewan tidak memiliki status kepemilikan yang jelas. Contoh gadai atau hasil sitaan.
  • Hewan merupakan hasil rampasan dari orang lain, misalnya milik seseorang yang punya hutang tetapi tidak sanggup bayar sehingga hewan ternaknya diambil paksa.
  • Diperoleh dari hasil mencuri atau menipu

Maka dari itu hewan qurban harus dibeli sendiri dengan cara yang halal agar nanti ibadah qurban menjadi sah. Qurban bisa dibeli dari hasil tabungan maupun patungan bersama-sama dengan orang banyak. Jangan beli hewan qurban dari hasil riba atau judi karena tidak akan sah.

  • Syarat Administrasi

Bagi usaha jual hewan qurban kambing dan sapi, selain kondisi fisik hewan syarat yang wajib dipenuhi pada saat menjual hewan qurban adalah syarat administrasi. Adapun syarat administrasi setidaknya terdiri dari Surat Keterangan Kesehatan Hewan, rekomendasi pemasukan hewan qurban dari pihak veteriner kota/kabupaten, dan surat keterangan asal.

Untuk SKKH sendiri berisi informasi berupa nama dan alamat pemilik, jenis, jumlah, kelamin, daerah asal, status kesehatan dan situasi penyakit dari daerah asal. Sementara rekomendasi pemasukan hewan memuat informasi jenis, jumlah, dan daerah asal hewan.

Lain lagi untuk administrasi tempat penjualan, penjual/peternak harus melengkapi data yang terdiri dari surat izin yang dikeluarkan pemda setempat (kabupaten/kota) serta bukti perjanjian apabila tempat penjualan yang digunakan bukan miliknya.

  • Syarat Teknis

Ada beberapa syarat teknis yang harus dipenuhi untuk lokasi jual hewan qurban kambing dan sapi berupa:

  • Tempat tidak mengganggu ketertiban dan kenyamanan umum
  • Desain dan bahan yang digunakan untuk tempat hewan tidak menyakiti, melukai, atau menyebabkan stres
  • Luas tempat atau bangunan sesuai dengan jenis dan jumlah hewan yang diternak dan dijual
  • Tersedia akses jalan keluar masuk yang memadai ditambah dengan fasilitas yang memudahkan pemindahan hewan. Baik pada saat dipindahkan ke tempatnya atau pada saat didistribusikan ke pembeli.
  • Tempat harus terawat, bersih, tidak lembap serta melindungi hewan dari segala cuaca baik panas maupun hujan
  • Alas atau lantai datar, mudah dibersihkan dan tidak licin
  • Mempunyai pagar/pembatas yang kokok dan tidak terbuat dari bahan yang bisa melukai hewan, misalnya menggunakan kawat besi yang tajam atau bambu yang terlalu runcing. Pagar/pembatas harus bisa menjaga hewan qurban agar tidak keluar dan berkeliaran di jalanan
  • Harga Kompetitif

Biasanya harga jual hewan qurban kambing dan sapi akan meningkat pesat seiring dengan permintaan yang semakin tinggi terutama menjelang Idul Adha. Maka dari itu sebagai penjual perlu memikirkan berapa harga yang kompetitif untuk hewan ternaknya. Buat harga yang bersaing dengan pasar, tidak terlalu murah atau mahal dan pastikan harganya masih masuk akal. Jangan sampai salah menentukan harga karena akan berimbas pada penjualan.

Setiap hewan qurban memiliki harga yang berbeda-beda tergantung jenis, asal, dan kondisi fisiknya. Hewan qurban yang berasal dari luar daerah atau hasil campuran biasanya memiliki harga yang lebih mahal. Begitu juga jika hewan qurban berukuran besar dan kondisinya sangat sehat.

Tips Membeli Hewan Qurban Secara Online

  • Temukan Situs Jual Beli Hewan Qurban yang Terpercaya

Bagi Anda yang ingin membeli hewan qurban di tempat jual hewan kurban kambing dan sapi online pastikan pilih yang terpercaya. Beberapa situs terpercaya seperti Baznas atau marketplace online bisa dijadikan opsi. Namun bisa juga memilih tempat lain yang lokasinya lebi dekat dengan Anda sehingga pengantaran hewan lebih mudah.

Untuk mendapatkan situs jual hewan qurban terpercaya Anda bisa mengecek berbagai website yang ada di platform pencarian dan cek profilnya secara cermat. Periksa semua informasi terkait dengan jenis, jumlah, dan kualitas hewan qurban yang dijual. Lihat juga pelayanannya kepada pembeli melalui testimoni atau riwayat penjualannya.

Beberapa hal tersebut wajib diperiksa untuk menghindari adanya risiko penipuan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Atau cara lain bisa meminta rekomendasi dari saudara, teman, atau kenalan yang sudah pernah membeli hewan qurban secara online.

  • Sesuaikan Dengan Budget

Dinilai sebagai ibadah dengan pahala berlipat ganda, berqurban merupakan ibadah yang ingin dilaksanakan banyak orang setiap Idul Adha. Berqurban adalah ibadah dengan memberikan hewan untuk diqurbankan dan disembelih kemudian dagingnya dibagikan ke orang lain. Tentu saja untuk membeli hewan qurban seseorang perlu budget yang cukup, tetapi ibadah ini tidak bersifat memaksa dan bisa dilakukan jika seseorang sudah mampu.

Agar niat berqurban dapat terlaksana Anda bisa memilih hewan seperti kambing atau domba yang harganya relatif terjangkau. Tidak perlu khawatir karena ada banyak tempat jual hewan qurban kambing dan sapi murah yang tersebar di berbagai tempat.

Anda juga bisa memilih ukuran dan kualitas hewan qurban yang akan dibeli. Atau cara lain yang lebih cepat bisa juga mengajak orang lain untuk patungan membeli hewan qurban bersama. Dengan begitu budget yang diperlukan lebih sedikit dan tidak terlalu memberatkan.

  • Pastikan Kondisi Hewan Qurban

Apabila tempat jual hewan qurban kambing dan sapi sudah didapatkan langkah selanjutnya adalah menanyakan kondisi hewan qurban yang dijual. Pastikan hewan dalam kondisi sehat dan tidak cacat apa pun, serta sudah memenuhi syarat usia hewan untuk qurban. Hewan yang dijual harus memenuhi semua persyaratan baik secara syariat Islam, administrasi, dan teknis agar sah.

Untuk lebih detailnya Anda bisa meminta foto atau video asli yang berisi kondisi hewan qurban yang akan dibeli untuk mengecek fisik serta ukuran dari hewan tersebut. Atau bisa memanfaatkan fasilitas video call agar situasinya terlihat lebih nyata dan tidak menimbulkan kecurigaan apa pun.

  • Pahami Syarat Pembelian

Tempat jual hewan qurban kambing dan sapi berkualitas biasanya bisa dilihat dari prosedur pembelian dan distribusi yang jelas serta sistematis. Jika sudah menemukan tempat yang cocok Anda bisa mengecek informasi hewan qurban yang dijual secara rinci. Mulai dari informasi tata cara pembelian, pembayaran, dan distribusi hewan qurban. Biasanya tempat penjualan hewan memberikan beberapa pilihan, hewan qurban bisa diantar langsung ke lokasi pembeli, atau disalurkan ke wilayah yang membutuhkan.

Apabila hewan qurban ingin diantarkan langsung ke tempat, maka Anda harus menanyakan terkait tata cara pengirimannya. Pastikan kedua pihak menyetujui prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahpahaman. Berikan alamat lengkap dan tentukan bersama jenis transportasi yang digunakan.

Sementara untuk hewan qurban yang ingin disalurkan ke daerah-daerah yang membutuhkan bisa tanya secara lengkap tata caranya dan apakah ada bukti laporan pendistribusian. Jika Anda memilih opsi ini pastikan penjual yang dipilih terpercaya.

Anda bisa berdiskusi dengan penjual daerah mana yang cocok diberikan hewan qurban dan bagaimana dengan proses distribusinya.

  • Selesaikan Proses Pembayaran

Untuk proses pembayaran bisa mengonfirmasi kembali pada pemilik usaha jual hewan qurban kambing dan sapi apa saja metode pembayaran yang tersedia. Biasanya pembayaran secara online bisa dilakukan dengan internet banking, mobile bangking, e-wallet, dan debit online.

Menariknya jika membeli hewan qurban melalui marketplace pembeli bisa mendapat potongan harga atau diskon yang menguntungkan. Setelah melalukan pembayaran jangan lupa untuk konfirmasi kembali ke penjual agar pembelian hewan qurban segera diproses.

  • Minta Bukti dan Laporan Distribusi Hewan Qurban

Diantar ke lokasi pembeli atau didistribusikan ke tempat lain, pembeli perlu meminta laporan pengiriman dan pendistribusian. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah hewan qurban sudah disalurkan secara tepat sasaran dan tidak dikurangi sedikit pun.

Transparansi dari pihak penjual sangat dibutuhkan agar niat awal pembeli untuk berqurban dapat terealisasi dengan baik.

Cara Mengolah Daging Qurban Agar Tidak Bau Prengus

  • Rendam Daging dengan Air Garam

Sebelum mengolah daging qurban, ada baiknya daging direndam dengan air dingin yang ditambahkan garam. Adapun garam yang digunakan adalah garam kasar karena cara ini dinilai efektif untuk menghilangkan bau yang menyengat dari daging, terutama daging kambing.

  • Pisahkan Bagian Lemak

Ternyata bau dari daging qurban bisa disebabkan karena lemaknya. Walaupun lemak kambing tidak sebanyak ayam, lemaknya cukup berpengaruh pada bau daging apalagi jika diolah dengan cara direbus, misalnya dibuat sop.

Maka dari itu sebaiknya bagian lemak daging dibuang atau dipisahkan dari daging. Jika kesulitan, gunakan pisau tajam untuk memisahkan lemak dari daging. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi bau apek daging kambing ketika diolah.

  • Rendam Daging dengan Butter atau Susu

Tidak hanya menggunakan garam, menghilangkan bau pada daging qurban bisa diatasi dengan merendam daging pada butter atau susu. Keuntungan lainnya jika Anda menggunakan butter, daging qurban akan menjadi empuk sehingga mudah diolah.

  • Merebus Daging Dengan Nanas atau Daun Pepaya

Kandungan enzim pada daun pepaya dianggap efektif untuk membantu daging menjadi lebih empuk. Selain itu bau pada daging qurban akan berkurang sehingga masakan yang dihasilkan lebih menggugah selera.

Selain daun pepaya, bisa juga menggunakan buah nanas untuk menghilangkan bau serta melunakkan daging qurban. Caranya cukup mudah Anda bisa merebus daging qurban beberapa menit dan tambahkan kedua bahan tersebut, bisa juga menggunakan salah satu bahan saja.

  • Masak Daging Dipanggang atau Dibakar

Ternyata ada alasan dibalik banyaknya makanan dari daging diolah dengan cara dipanggang atau dibakar. Alasannya cara memasak seperti itu dinilai ampuh menghilangkan bau pada daging qurban terutama kambing.

Contoh beberapa makanan khas Timur Tengah seperti Maroko, India, Afrika dan juga Indonesia yang berbahan dasar daging lebih sering diolah dengan cara dibakar dan dipanggang. Biasanya sebelum dibakar atau dipanggang daging akan dilumuri bumbu yang dibuat dari beragam rempah dan juga saus. Sehingga olahan daging yang dihasilkan memiliki rasa yang khas dan juga nikmat.

Demikian ulasan mengenai jual hewan qurban kambing dan sapi berkualitas yang perlu diketahui sebelum berqurban. Tidak hanya jenis hewan saja yang perlu diperhatikan, tetapi semua informasi mengenai qurban hingga prosedurnya.

Butuh Jasa Catering Hewan Qurban Terpercaya?

Apakah sedang mencari jasa catering yang jual hewan qurban berkualitas, bisa langsung diolah dan dimasak bermacam-macam? Royal Tumpeng menjadi pilihan terbaik. Karena Royal Tumpeng menyediakan hewan kurban seperti kambing yang bisa langsung diolah menjadi berbagai macam masakan enak. Anda dapat menghidangkannya untuk perayaan hari Idul Adha.

Beberapa contoh paket masakan yang cocok dengan hari raya Idul Adha antara lain:

  • Nasi kebuli
  • Nasi mandhi
  • Tumpeng kebuli premium

Jika Anda ingin berkurban sekaligus membagi-bagikan makanan dari daging kambing yang Anda kurbankan. Maka bisa hubungi CS Royal Tumpeng di nomor WA berikut: 0812 8760 8239 atau email ke order@royaltumpeng.com. Tempat jual hewan qurban kambing dan sapi kami siap melayani pesanan Anda, kami menjamin daging yang digunakan halal dan sudah memenuhi persyaratan berkurban.

5/5 - (1 vote)
×