Kumpulan Bahan dan Cara Mudah untuk Membuat Tumpeng Kuning

Resep Nasi Tumpeng Kuning – Terkadang, kita menganggap nasi tumpeng tampak sulit dibuat, karena memiliki komponen yang banyak. Padahal, makanan tersebut bisa Anda buat sendiri di rumah, dengan berbekal resep nasi tumpeng kuning yang tepat. Dalam membuat hidangan tersebut, salah dua hal yang perlu Anda perhatikan adalah bumbu kuning dan cara membentuknya menjadi kerucut. Seperti yang Anda ketahui, warna kuning yang tampat hidup dan bentuk kerucut sempurna merupakan daya tarik dari tumpeng tersebut.

Resep Nasi Tumpeng Kuning

Resep Nasi Tumpeng Kuning

Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan bahan-bahan dan langkah untuk membuat tumpeng kuning. Dengan mengikuti instruksi dari resep nasi tumpeng kuning dengan tepat, hidangan ini akan tersaji dengan sempurna. Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan beras putih berkualitas dan beras ketan dengan perbandingan 1:4, serta air santan sebanyak 1,200 mililiter. Untuk bumbunya, siapkan kunyit halus (satu sendok makan), garam (dua sendok makan), daun pandan (satu lembar), daun salam (empat lembar), serai (dua batang), dan perasan jeruk nipis (satu sendok makan).

Lalu, bersihkan beras putih dan beras ketan, tiriskan, dan kukus. Sambil menunggu, Anda bisa membuat bumbu kuning dengan mencampurkan kunyit halus dengan santan, lalu saring dan buang semua ampasnya. Hasil saringan tersebut lantas dimasak bersama komponen lain seperti daun salam, pandan, serai, dan garam sampai mendidih. Kemudian, campur nasi dari beras putih dan beras ketan tadi ke dalam bumbu tadi. Aduk sampai semuanya tercampur rata dan santannya mengering. Tambahkan perasan jeruk nipis dan aduk kembali.

Setelah beras menjadi aron, kukus kembali selama 20 menit. Siapkan cetakan berbentuk kerucut, baik yang terbuat dari daun pisang yang dilapisi munyak sayur atau stainless steel. Setelah nasi matang, masukan ke dalam cetakan dan pastikan tidak ada ruang kosong agar bentuk kerucutnya tidak ambruk. Tempatkan cetakan tadi pada piring besar atau wadah bambu dan lepas perlahan. Jika berhasil, Anda bisa menambahkan lauk-pauk, sambal, dan sayuran. Semoga informasi resep nasi tumpeng kuning ini bisa membantu Anda!