Memasak Pelengkap untuk Nasi Tumpeng Komplit

Resep Nasi Tumpeng Komplit | Tumpeng komplit sering dijumpai dalam pesta-pesta besar. Kendati tampak sulit karena cukup kompleks, Anda bisa membuatnya dari resep nasi tumpeng komplit. Anda juga bisa meminta bantuan kerabat atau teman-teman yang jago memasak untuk menciptakan tumpeng tersebut. Sebelum Anda membeli bahan, pastikan porsi nasi dan pelengkapnya seimbang dan sesuai dengan jumlah undangan yang akan datang.

Memasak Pelengkap untuk Nasi Tumpeng Komplit

 

Umumnya, nasi kuning untuk tumpeng komplit tidak berbeda jauh dengan nasi kuning biasa. Hanya saja, bentuknya lebih besar dan membutuhkan takaran bahan yang lebih banyak. Di tahap awal, Anda kukus beras putih dan beras ketan yang telah dibersihkan sebelumnya sampai aron. Kemudian, masukkan campuran sari kunyit dan santan, daun salam, pandan, serai, dan garam yang sudah didihkan pada beras aron tadi. Aduk sampai santannya menyerap, lalu rebus kembali beras tersebut sampai matang.

Pelengkap Resep Nasi Tumpeng Komplit

Dalam resep nasi tumpeng komplit, Anda juga akan membuat pelengkap. Daging ayam dan sapi merupakan salah dua  komponen yang sering dipilih. Jika Anda ingin membuat ayam bakar, jangan lupa rendam ayam yang sudah dibersihkan dan direbus ke dalam campuran lengkuas, dan salam, dan salam. Kemudian, bakar potongan ayam tersebut di atas bara api dan lumuri dengan cabai merah halus. Olesi ayam dengan mentega dan kecap manis sampai kecokelatan.

Pelengkap lain yang kerap menjadi bintang tamu adalah perkedel kentang. Cara membuatnya pun cukup mudah, yakni dengan menghaluskan kentang yang sebelumnya sudah digoreng hingga dagingnya mudah dihancurkan. Kemudian, campurkan pasta kentang tadi dengan kuning telur, merica, garam, pala, daging cincang, dan seledri hingga rata. Adonan tadi lalu dibuat menjadi bulatan-bulatan pipih, lalu masukkan ke putih telur untuk selanjutnya digoreng hingga kecokelatan.

Sambal pun diselipkan untuk menambah cita rasa tumpeng komplit. Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan cabai dengan kecap manis, daun kemangi, dan perasan jeruk nipis. Namun, jika tidak sempat membuat resep nasi tumpeng komplit, RoyalTumpeng.com pun menyediakan tumpeng lengkap yang bisa Anda pesan untuk berbagai acara.

 

post