Pesan Nasi Tumpeng Komplit

Pesan Nasi Tumpeng Komplit | Mengenal budaya sendiri memang bukanlah hal yang memalukan, terlebih jika itu adalah kuliner. Kuliner Indonesia hadir dengan beragam macam serta cita rasa lengkap dari ujung sabang hingga merauke. Salah satunya adalah nasi tumpeng, yaitu nasi kuning atau nasi putih (uduk) yang dibentuk menyerupai kerucut. Nasi ini hadir untuk melengkapi momen-momen spesial seseorang atau pelaksanaan upacara adat. Jika Anda berminat untuk mencobanya, jangan lupa pesan nasi tumpeng komplit di Royal TumpengPaket ini akan menghantarkan lidah Anda kepada sensasi yang luar biasa bersama ragam lauk pauk.

Pesan Nasi Tumpeng Komplit

Pesan Antar Nasi Tumpeng Komplit

Pesan nasi tumpeng komplit umumnya akan dilengkapi oleh lauk pauk, seperti perkedel, kedelai goreng, abon, telur dadar ataupun goreng, bahkan timun dan daun seledri. Dalam beberapa variasi nasi tumpeng, Anda akan mendapati ayam bersama orak arik tempe yang memiliki rasa manis pedas. Tak hanya itu, Anda pun akan mencicipi sayuran lengkap seperti urap kacang panjang. Di filosofi Jawa, tumpeng sendiri seharusnya mengandung unsure hewan darat, hewan laut, dan sayur-sayuran.

Inilah yang dinamakan sebagai nasi tumpeng komplit oleh sebagian besar orang Jawa. Setiap jenis lauk pauk yang disajikan sebenarnya memiliki makna tersendiri ketika dihidangkan. Bentuk tumpeng sendiri sebenarnya memiliki falsafah yang terkait dengan keadaan geografis pulau Jawa. Pulau yang dikelilingi oleh jajaran gunung merapi ini dianggap sebagai lambang negara makmur yang dilindungi oleh naga. Bahkan sebagian orang menyebut tumpeng sebagai perwujudan gunung berapi yang hendak menjaga kawasan nusantara.

Falsafah hidup dari nasi tumpeng sebenarnya telah dipegang secara turun temurun dalam ada kebudayaan Jawa. Anda mungkin sudah tak asing bila melihat berbagai acara adat Jawa dilengkapi oleh tumpengan berukuran besar. Bahkan pesan nasi tumpeng komplit pun akan dibuat berkali-kali ukuran biasa yang sering kita nikmati. Hal ini diperuntukkan sebagai sesajen atau bentuk rasa bersyukur masyarakat terhadap Tuhan serta alam yang memberikan kekayaan melimpah ruah kepada mereka. Tak hanya itu, ini juga bentuk rasa syukur atas nikmat sehat yang diberikan oleh Tuhan.