Pesan Nasi Tumpeng Rawasari

Pesan Nasi Tumpeng Rawasari – Mendekati hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus nanti, nasi tumpeng menjadi nasi yang umum digunakan sebagai acara ketika selamatan atau untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Umumnya nasi tumpeng hadir dengan nasi kuning berbentuk kerucut dengan berbagai macam lauk yang melengkapinya. Seperti ayam, tempe orek, mie kuning atau mie bihun, telur balado dan berbagai macam pilihan lauk lainnya.

Pesan Nasi Tumpeng Rawasari

Makna Tumpeng Kemerdekaan

Ternyata tumpeng kemerdekaan juga memiliki filosofi yang cukup mendalam. Filosofi tersebut hadir mulai dari bentuk nasi yang mengerucut hingga berbagai macam lauk pauk pelengkapnya. Dengan berbagai macam filosofi tersebut juga bisa membuat kita menghargai setiap prosesnya. Makanan atau lauk pauk yang ada dalam tumpeng diibaratkan sebagai hamparan bumi beserta isinya.

Nasi yang berbentuk kerucut melambangkan gunung. Sedangkan lauk pauk yang mengelilingi nasi tersebut sebagai kekayaan alam yang banyak. Selain itu, makna dari bentuk nasi tumpeng yang mengerucut juga berarti menggambarkan antara Tuhan dengan manusia.

Nama nasi tumpeng sebenarnya berawal dari bahasa Jawa yaitu β€œYen metu mesti mempeng” yang berarti jika keluar selalu bersemangat. Nama ini diambil karena nasi tumpeng biasanya digunakan sebagai simbol untuk kelahiran bayi.

Dalam kata lain bayi yang telah lahir diharapkan tetap bersemangat untuk menjalani hidup dan selalu bekerja keras. Untuk Anda yang sedang bingung memesan nasi tumpeng, Anda bisa pesan nasi tumpeng Rawasari terbaik yang juga sesuai dengan keinginan Anda.

Pesan Nasi Tumpeng Rawasari Untuk Kemerdekaan

  1. Nasi tumpeng dengan warna nasi merah putih

Nasi tumpeng untuk kemerdekaan tidak harus selalu menggunakan nasi berwarna kuning. Dikarenakan nasi tumpeng tersebut digunakan untuk acara kemerdekaan maka Anda bisa mengkreasikan nasi tumpeng tersebut dengan warna merah putih.

Warna putih bisa Anda dapatkan dari nasi putih biasa atau nasi dengan kaldu. Sedangkan untuk nasi merahnya bisa menggunakan nasi putih dengan diberi pewarna makanan berwarna merah atau menggunakan beras merah.

Untuk pilihan lauknya, Anda bisa memesan dengan berbagai pilihan lauk yang umum digunakan seperti telur balado, mie bihun, ayam goreng, kering kentang dan lauk lainnya.

  1. Nasi tumpeng dengan hiasan khas kemerdekaan

Nasi tumpeng yang khas untuk kemerdekaan tentunya juga harus dihias dengan hal-hal yang berhubungan dengan kemerdekaan. Misalnya sepeti menggunakan sayuran yang dibentuk huruf 17 Agustus 1945 kemudian dibuat hiasan di atas nasi tumpeng, hiasan bendera merah putih kecil di sekeliling tumpeng, hingga berbagai macam sayuran seperti kacang atau wortel yang dibentuk huruf ucapan kemerdekaan.

Ketika Anda membuat sendiri hiasan tersebut tentunya juga akan lebih merepotkan. Untuk itu, Anda bisa memesan nasi tumpeng dengan hiasan khas kemerdekaan di pesan nasi tumpeng Rawasari murah.

  1. Nasi tumpeng dengan nasi putih

Selain nasi tumpeng dengan nasi kuning atau nasi berwarna merah putih, Anda juga bisa menggunakan nasi tumpeng dengan nasi berwarna putih. Nasi tumpeng kemerdekaan dengan nasi putih juga bisa menjadi simbol kesucian.

Untuk lebih menciptakan khas nasi tumpeng untuk kemerdekaan, Anda bisa menggunakan hiasan khas kemerdekaan seperti bendera merah putih kecil atau sayuran yang dibentuk tulisan HUT Indonesia. Sedangkan untuk pilihan menunya, Anda bisa menggunakan lauk pauk yang Anda inginkan atau lauk pauk yang biasanya umum digunakan dalam nasi tumpeng.

Infografik Pemesanan Nasi Tumpeng

Menu Yang Umum Digunakan Pada Nasi Tumpeng Kemerdekaan

  1. Ayam

Menu atau lauk berupa ayam goreng merupakan jenis menu yang umum ditemukan sebagai lauk pada nasi tumpeng kemerdekaan. Ayam yang digunakan biasanya juga ayam yang berbentuk utuh. Jenis ayamnya pun juga tidak sembarang ayam, biasanya ayam jago yang dimasak menggunakan bumbu kuning atau kaldu santan.

Penggunaan ayam jago tersebut memiliki arti dimana doa agar terbebas dari sifat buruk ayam. Namun mencari ayam jago saat ini bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, Anda bisa memilih untuk pesan nasi tumpeng Rawasari enak dengan ayam jago utuh sebagai pilihan menu ayamnya.

  1. Telur

Selain ayam, ada juga menu berupa telur yang sudah pasti ditemukan pada nasi tumpeng kemerdekaan. Biasanya telur tersebut diolah dengan cara digoreng dadar dan dipotong-potong memanjang seperti mie. Namun biasanya telur juga dimasak dengan cara dipindang dengan kulitnya yang masih menempel.

Jadi ketika memakannya, Anda juga perlu untuk mengupas kulitnya terlebih dahulu. Cara makan inilah yang memiliki filosofi berupa segala Tindakan harus diupayakan dan direncanakan terlebih dulu. Selain itu telur juga menjadi bentuk perwakilan dari kekayaan alam Indonesia berupa kekayaan hewani.

  1. Urap sayur

Selain menu berupa protein hewani, nasi tumpeng kemerdekaan juga tidak lengkap tanpa sayuran. Menu sayuran yang biasanya digunakan adalah urap sayur. Berbagai macam jenis sayuran yang digunakan juga memiliki filosofi atau simbol tersendiri. Seperti sayur kangkung yang tumbuh di perairan dan darat memiliki simbol untuk beradaptasi dengan baik di berbagai jenis lingkungan.

Selanjutnya ada sayur taoge yang tumbuh dari kacang hijau dan menjadi bentuk simbol inovasi dan kreativitas yang bisa dicontoh. Selain itu juga ada cabai merah yang biasa ditemui pada ujung nasi tumpeng. Cabai merah ini walaupun hanya digunakan sebagai hiasan, namun melambangkan api yang bertujuan sebagai pencerah kehidupan.

Agar tidak repot dengan berbagai macam pilihan menu yang digunakan, Anda bisa pesan nasi tumpeng Rawasari dengan berbagai macam menu yang bisa Anda sesuaikan sendiri. Salah satunya di jasa catering Royal Tumpeng yang menyediakan tumpeng enak dan terjangkau. Cocok tidak hanya untuk perayaan kemerdekaan nanti, namun juga ulang tahun hingga hajatan seperti pesta pernikahan maupun syukuran lainnya.