Pesan Tumpeng Kecil Untuk Acara di Jakarta

Pesan Tumpeng Kecil Untuk Acara di Jakarta – Nasi tumpeng ialah sajian warisan budaya Indonesia yang hingga kini masih bisa ditemukan pada acara-acara penting. Bentuk nasi tumpeng sebenarnya beragam mengikuti tema dan tujuan acara. Sering kali tumpeng disajikan dalam ukuran standar atau ukuran biasa.

Pesan Tumpeng Kecil Untuk Acara di Jakarta

Kini nasi tumpeng semakin berinovasi salah satunya sudah ada nasi tumpeng mini. Selain itu, dari segi warna juga sudah ada beberapa pilihan warna. Bentuknya juga bukan bentuk kerucut terbalik saja, sudah dihias karakter-karakter sesuai pesanan konsumen.

Perbedaan Tumpeng Kecil vs Tumpeng Biasa

  • Ukuran

Perbedaan pertama yang bisa dilihat ialah pada ukurannya. Ukuran tumpeng biasa lebih besar dibandingkan tumpeng mini. Umumnya tumpeng mini disajikan hanya untuk satu orang saja, sedangkan tumpeng biasa yang ukurannya lebih besar disajikan untuk dimakan bersama. Mulai dari 5 orang hingga bisa disantap bersama 10 orang.

  • Warna

Warna nasi tumpeng pada umumnya ada warna putih dan warna kuning. Tetapi nasi tumpeng mini sudah ada warna hijau dan warna ungu. Jika dibuat berbentuk karakter, maka warna punΒ  disesuaikan dengan konsep karakter tersebut. Oleh karena itu, nasi tumpeng mini kini telah menjadi favorit anak-anak.

Untuk mendapatkan nasi tumpeng biasa ataupun nasi tumpeng mini, kini sangat mudah. Terutama untuk wilayah Jakarta, tinggal gunakan jasa catering pesan tumpeng kecil untuk acara di Jakarta.

  • Wadah Kemasan

Tumpeng biasa karena ukurannya lebih besar disajikan dalam tampah yang diberi alas daun pisang. Sedangkan nasi tumpeng mini boleh disajikan dalam piring, ada juga dalam kotak nasi ataupun wadah mika.

  • Lauk Pauk

Lauk pauk nasi tumpeng biasa tentu lebih banyak mengingat porsi berukuran besar. Sedangkan nasi tumpeng mini karena porsinya yang kecil, maka lauk pauknya tentu sedikit juga. Meskipun begitu, tetap disajikan beberapa menu tambahan. Jadi bukan hanya satu menu lauk pauk saja.

  • Harga

Pasti sudah tahu bahwa harga nasi tumpeng biasa lebih mahal ataupun lebih tinggi harganya dibandingkan tumpeng mini. Hal ini jelas karena ukurannya lebih besar dan porsi lauk pauk pun lebih banyak. Nasi tumpeng mini ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau, semua kalangan bisa menikmatinya.

  • Praktis

Nasi tumpeng biasa karena ukurannya besar, maka para tamu undangan harus menyantap di lokasi acara langsung. Untuk mengambilnya harus antre terlebih dulu agar lebih mudah dan tertib. Sedangkan nasi tumpeng mini lebih praktisΒ  dengan ukurannya yang kecil tinggal dibagi saja per individu tamu yang hadir.

Oleh karena itu, tidak harus makan langsung di lokasi acara, bisa dibawa pulang untuk dimakan di rumah. Agar tidak repot menyiapkan nasi tumpeng, tinggal pesan tumpeng kecil untuk acara di Jakarta murah.

Pesan Tumpeng Kecil Untuk Acara di Jakarta Dengan Hiasan Sayuran

Nasi tumpeng seperti yang sudah sering dilihat disajikan bersama lauk pauk yang lain. Tetapi ada hiasan-hiasan yang dibuat dari sayuran sehingga nilai estetikanya sangat tampak. Membuat hiasan tidak terlalu sulit asal tahu caranya seperti berikut ini:

  • Tomat

Tomat akan menjadi bunga mawar merah yang sangat indah jika dibuat dengan cara yang benar. Maka, pilihlah tomat yang bulat dan berwarna merah. Kupaslah kulit buah tomat secara melingkar agar menghasilkan gulungan lembaran yang tipis.

Sebaiknya dikupas jangan sampai terputus agar semakin cantik hiasan bunga mawar nantinya. Kulit tomat yang sudah dikupas digulung menjadi bentuk bunga mawar. Susun bunga mawar ini di sekeliling nasi tumpeng agar menghasilkan perpaduan warna kontras.

Selain bunga mawar, tomat juga bisa dibuat menjadi bunga lain yang sangat indah. Tomat dikerat menjadi delapan bagian dan diusahakan agar tidak putus di bagian bawahnya. Kulit dengan biji dipisahkan. Hal yang sama dilakukan hingga menghasilkan jumlah bunga yang diinginkan.

  • Cabai

Cabai juga akan menjadi kelopak bunga yang sangat indah asalkan mengikuti cara pembuatannya. Gunakanlah cabai yang berukuran besar dan dibelah menjadi dua bagian. Bagian bawah cabai digunting hingga ke atas, sisi yang lain juga digunting dengan cara yang sama.

Semua bagian ditarik keluar hingga tampak seperti kelopak bunga. Semua serat dan biji cabai dibuang agar lebih enak dipandang. Nasi tumpeng yang sudah lengkap dengan hiasannya pun bisa didapatkan dengan pesan tumpeng kecil untuk acara di Jakarta online.

  • Timun

Mentimun juga bisa dibuat menjadi kelopak bunga. Potonglah bagian dasar mentimun agar bisa berdiri tegak. Bagian tengah mentimun dipotong dengan rapi berbentuk diagonal. Langsung letakkan di antara sajian nasi tumpeng. Jika ingin menambahkan sayuran lain di bagian tengah mentimun akan lebih cantik.

  • Kacang Panjang

Kacang panjang dihias untuk mengelilingi nasi tumpeng seperti pagar. Bagian ujung kacang panjang sebelum digunakan dibersihkan terlebih dulu. Kacang panjang dipotong dan ditusuk dengan lidi. Gunakan beberapa kacang panjang, jangan hanya satu saja.

Kemudian, dipasang di sekeliling nasi tumpeng dengan jarak yang sama, berguna untuk fondasi pagar nantinya. Kacang panjang yang tidak dipotong dililit secara selang-seling hingga membentuk pagar dan dikunci dengan lidi.

  • Lobak dan Wortel

Juga bisa menghasilkan bentuk bunga perpaduan warna oranye dan putih. Wortel dan lobak dikupas dan dibersihkan terlebih dulu. Gunakan pisau kecil untuk mengerat menjadi lima kelopak. Juga diusahakan agar tidak putus.

Gunting menyerupai bunga dan rendam agar terjaga kesegarannya. Putik bunga untuk bunga wortel dibuat dengan cara memotong tipis lobak. Potong berbentuk bulat dan juga dikeratkan, letakkan di dalam kelopak bunga wortel tadi.

Nah, itulah perbedaan tumpeng mini dengan tumpeng biasa. Juga ada cara untuk membuat hiasan nasi tumpeng dari sayuran sederhana. Jangan khawatir, sebab kini ada yang lebih mudah dengan pesan tumpeng kecil untuk acara di Jakarta, misalnya di catering Royal Tumpeng. Untuk pemesanan bisa langsung hubungi nomor kontak yang sudah disediakan: 0812 8760 8239.

[Total: 0 Average: 0]