Praktekkan Resep Membuat Telur Asin yang Mudah dengan Beragam Kombinasi Rasa Berikut!

Resep Membuat Telur Asin yang Mudah – Masih punya banyak telur asin di kulkas tapi keluarga udah pada mulai bosen? Bikin beberapa  resep membuat telur asin yang mudah dengan berbagai kombinasi masakan dijamin nggak gagal yuk!. (Baca juga: Tips Membuat Daging Gepuk yang Empuk).

1. Cara bikin telur asin masir yang ada rasa gurih plus pedesnya ternyata nggak susah lho! Buktiin aja nih sama resep ini!

copyright by nurakitchen.blogspot.com

Bahan:

  • 1 kg telur bebek segar
  • 1 kg garam kasar
  • 1 ½ liter air
  • 2 ruas jahe
  • 4 batang sere dimemarkan
  • 5 helai daun salam

Bumbu halus:

  • 6siung bawang putih
  • 10 buah cabe rawit merah

Cara mengolah:

  1. Cuci bersih telur dan tiriskan sampai tidak ada air sedikitpun, jika perlua dilap atau dijemur sebentar, sisihkan.
  2. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan di mangkuk besar, masukkan air, garam, sere dan jahe.
  3. Masukkan telur pelan-pelan dan tutup rapat jangan sampai ada celah sedikitpun dan biarkan selama 15 hari.
  4. Setelah 15 hari, kukus telur selama 3 jam, pastikan air untuk mengukus cukup, jangan dibuka.
  5. Angkat telur dan sajikan. Dijamin banget enak dan nggak mengecewakan.

2. Bagi yang bosan sama bentukan telur asin yang gitu-gitu aja, cobain nih rsep olahan udang saos telur asin yang rasanya ajib banget!

copyright by ricke-ordinarykitchen.blogspot.com

Bahan:

  • 3siung bawang putih tumbuk halus.
  • 500 gram udang ukuran sedang, dibrsihkan dan belah punggungnya

Bahan untuk mencelup:

  • 1 sdm tepung beras
  • 2 sdm tepung kobe
  • 3 sdm terigu
  • Secukupnya air

Bahan saos telur asin:

  • 4 kuning telur asin dihaluskan
  • 5 sdm air panas
  • ¼ sdt lada bubuk
  • ¼ sdt garam
  • Sedikit guls

Bahan tumisan:

  • 1 batang daun bawang diiris halus
  • 2 sdm mentega untuk menumis
  • 2siung bawang merah cincang
  • Minyak secukupnya

Cara membuat:

  1. Campur udang dengan garam, merica dan bawang putih, diamkan 15 menit.
  2. Aduk rata kuning telur, air panas dan bumbunya, sisihkan.
  3. Aduk rata bahan pencelup kemudian goreng udang dengan mencelupkan dahulu ke dalam adonan sampai kuning keemasan.
  4. Lelehkan mentega dan tumislah bawang putih dan saus telur.
  5. Tambahkan udang goreng, aduk rata, masukkan irisan daun bawang, aduk dan tunggu sebentar lalu angkat dan sajikan.

3. Bingung mau masak apa tapi setelah buka kulkas nemuin tofu sama telur asin? Wah pas banget tuh buat bikin resep lezat berikut ini!

copyright by flickr.com

Bahan:

  • 2 buah tofu dipotong dadu ukuran 1 cm lalu digoreng dengan tepung bumbu

Bahan saos:

  • ¼ bagian bawang bombai diiris halus
  • 1btng daun bawang, iris halus
  • 2 iung bawang putih dicincang halus
  • 2 butir kuning telur asin dihaluskan dan dicampur dengan 50 ml air hangat
  • Secukupnya garam, lada bubuk, kaldu bubuk, gula dan irisan cabe
  • Minyak goreng buat numis

Cara mengolahnya:

  1. Tumis bawang putih dan bawang bombai sampai beraroma sedap, lalu masukin irisan cabe, aduk rata lalu tambahkan kuning telur, aduk rata.
  2. Bubuhkan garam, lada bubuk, gula dan kaldu bubuk.
  3. Masukkan tofu goreng, aduk rata lalu masukkan irisan daun bawang, masak sebentar dan angkat lalu sajikan.

4. Buat kamu yang pengen nuansa olahan ayam yang baru dan nikmat abis, langsung cobain resep ayam goreng saus telur asin ini deh!

copyright by youtube.com

Bahan:

  • ¼ sdt garam
  • ½ sdt lada bubuk
  • ¼ sdt kaldu bubuk
  • 3 batang daun bawang diiris tipis
  • 3 butir kuning telur asin dihaluskan lalu dicampur dengan air hangat secukupnya
  • 4 buah cabe rawit merah diiris tipis
  • 4 buah bawang merah diiris tipis
  • 5siung bawang putih diiris tipis
  • 5 buah cabe jawa merah diiris bulat
  • 250 gram dada ayam dipotong dadu direbus dan tiriskan
  • Secukupnya terigu, tepung kanji dan tepung bumbu

Cara mengolah:

  1. Goreng ayam dengan dicelupkan dahulu dalam adonan terigu, tepung bumbu, kanji dan air es secukupnya yang ditambah dengan garam dan lada bubuk secukupnya. Goreng sampai kuning keemasan.
  2. Tumis irisan bawang putih, lalu masukkan irisan bawang merah dan cabai, aduk rata lalu masukkan saus kuning telur asin dan tambah sedikit air, aduk rata.
  3. Masukkan ayam gorengnya dan bubuhkan garam, lada bubuk, kaldu bubuk serta gula, aduk rata.
  4. Sebelum diangkat, tambahkan irisan daun bawang, aduk rata angkat dan sajikan hangat-hangat.

5. Bagi para penggila nasgor, bisa juga lho bikin nasi goreng telur asin dengan aroma daun jeruk yang bikin lidah bergoyang.

copyright by vavablog.wordpress.com

Bahan:

  • ½ sdt lada bubuk
  • ¼ sdt garam
  • 1 piring nasi sisa
  • 1 butir telur asin
  • 3 helai daun jeruk iris halus
  • 3siung bawang putih cincang halus
  • 5siung bawang merah iris halus
  • 5 buah cabe rawit merah iris halus
  • Secukupnya bakso, sosis atau ayam suwir
  • Secukupnya minyak untuk menumis

Cara mengolah:

  1. Panasi minyak lalu tumis bawang putih, bawang merah dan cabai.
  2. Setelah harum, masukin daun jeruk beserta sosis, bakso atau ayam suwir, aduk rata.
  3. Masukkin juga telur asin lalu hancurin dengan sodet.
  4. Baru masukkin nasi, bubuhkan gara dan lada bubuk, aduk rata dan masak sampai mateng.
  5. Angkat dan sajikan selagi masih hangat.

Kalo udah jago memasak berbagai resep membuat telur asin yang mudah dan lezat di atas makin mudah lagi. Tapi jangan khawatir karena caranya cukup mudah jadi pemula pun bisa membuatnya.

[Total: 0 Average: 0]