Syukuran Nasi Kuning

Syukuran Nasi Kuning – Saat ini penggunaan nasi kuning untuk syukuran sudah semakin umum digunakan. Nasi kuning memang merupakan hidangan zaman dahulu untuk acara pemanjatan rasa syukur. Hanya saja sudah mulai tergeser karena menu makanan lain yang tersedia. Namun saat ini eksistensinya mulai muncul kembali untuk digunakan.

Syukuran Nasi Kuning

6 Rekomendasi Olahan Syukuran Nasi Kuning Enak

  • Nasi kuning spesial

Menu pertama yang bisa dihadirkan dalam syukuran adalah nasi kuning dan sayur spesial. Untuk membuatnya juga tidak membutuhkan waktu banyak bahkan bahannya juga mudah didapatkan. Anda hanya perlu menambahkan bumbu ketika memasak nasi seperti biasanya. Sehingga aroma dan rasanya lebih gurih dan nikmat dari biasanya.

Nasi ini memiliki warna yang cukup cantik dan cocok dipadukan dengan beberapa unsur lain yang mendukung. Biasanya penyajiannya ditemani dengan ayam balado, telur rebus, tempe kering dan kerupuk. Komponen ini mampu membuat paduan cita rasa nasi kuningnya menjadi lebih mantap.

  • Nasi kuning mini

Ada juga yang memilih nasi kuning dengan ukuran mini langsung sehingga penyajiannya cenderung lebih mudah. Cara memasak syukuran nasi kuning murah ini juga tidak berbeda jauh dengan memasak dalam ukuran besar. Pilihlah santan berkualitas dan tambahkan kaldu jamur untuk memberikan cita rasa yang lebih enak. Nasi kuning ini bisa dimasukkan ke dalam wadah terbuka agar lebih menarik.

Sementara lauknya menyesuaikan untuk membuat kontras warnanya menjadi lebih menarik dari biasanya. Dikarenakan sudah dimasukkan ke dalam wadah satu persatu jadi ukuran lauknya juga menyesuaikan. Anda bisa menggunakan ayam suwir serundeng merah. Kemudian dipadukan dengan kering kentang dan bawang goreng agar lebih mantap rasanya.

  • Nasi kuning dan lauk berlemak

Biasanya ada yang suka memadukan nasi kuning dengan lauk berlemak jadi rasa dari nasi kuningnya harus sedikit lebih ringan. Hal ini membuat perpaduan rasanya menjadi lebih pas tidak terlalu berat. Cara ini sangat efektif untuk membuat para tamu undangannya bisa menikmati menu dengan mudah.

Sesuai dengan tujuannya maka pendamping lauknya juga harus yang berlemak. Biasanya dipadukan dengan daging bumbu cabai, ayam kuning pedas dan juga olahan laut seperti kepiting. Ditambah dengan rempeyek teri, urap-urapan dan tempe orek kering pedas. Perpaduan ini jelas memberikan cita rasa yang mantap dalam sekali suapan.

  • Nasi kuning kare

Rekomendasi nasi berikutnya yang cocok untuk syukuran adalah nasi kuning kare. Nasi ini dimasak dengan bumbu kuning kare sehingga aromanya lebih mantap. Ada banyak rempah yang dimasukkan ke dalam menu ini sehingga beberapa orang mungkin kurang nyaman. Namun jika sudah dicampur dengan beberapa lauk maka rasanya sangat enak dan mantap.

Anda bisa memadukannya dengan lauk daging kambing atau ayam agar lebih ringan. Hidangan ini banyak ditemukan di makanan khas India. Tergantung selera saja ingin membuat kari khas India atau Indonesia. Keduanya lekat dengan pengguna banyak bumbu dan daging.

  • Nasi kuning bakar

Ada cara lain untuk memberikan hidangan syukuran nasi kuning terjangkau yakni dengan nasi kuning bakar. Anda hanya perlu memasak nasi kuningnya terlebih dahulu seperti biasanya. Barulah bisa dimasukkan ke dalam daun pisang dan berikan suwiran ayam yang sudah dimasak matang. Kemudian berikan lagi nasi kuningnya dan bungkus dengan tusuk kayu.

Siapkan panggangan atau bakaran untuk memulai proses pematangan nasinya. Jangan terlalu lama karena nasi ini sebenarnya sudah matang. Aroma dan rasanya akan lebih nikmat dan gurih pastinya. Tamu undangan dan keluarga yang datang akan langsung suka dengan rasanya.

  • Nasi tumpeng kuning

Selain berbagai olahan nasi kuning di atas, Anda juga bisa membuat nasi tumpeng kuning. Nasi ini dapat dibuat berbagai bentuk, dari yang tradisional seperti kerucut hingga tumpeng karakter. Tumpeng ini dapat digunakan untuk merayakan hari spesial seperti: ulang tahun, syukuran gedung baru, 7 bulanan, aqiqahan dan sebagainya.

Anda pun bisa memasak sendiri ataupun pesan di jasa catering Royal Tumpeng. Cukup hubungi 0812 8760 8239 atau email ke order@royaltumpeng.com untuk area pesan Jabodetabek.

Manfaat Dari Nasi Kuning Untuk Kesehatan

Perlu diketahui selain rasanya yang lezat, ternyata nasi kuning ini memiliki manfaat ketika disuguhkan. Adapun manfaat yang diberikan bisa dilihat sebagai berikut:

  • Fungsi otak menjadi lebih baik

Manfaat pertama mengonsumsi nasi kuning adalah membuat fungsi otak menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan dalam penyajian nasi kuning nutrisi yang diberikan cukup kompleks sehingga otak mendapat asupan cukup baik. Kandungannya berupa protein, antioksidan dan lemak sehat. Semua kandungan ini cocok untuk membuat otak berpikir lebih cerdas.

Anda bisa memberikan nasi kuning untuk anak-anak sebagai selingan menunya. Kandungan santan yang digunakan untuk mengolah nasi memberikan gizi cukup banyak untuk kebaikan otak. Sehingga mereka bisa konsentrasi lebih baik dari biasanya.

  • Perut kembung mereda

Manfaat kedua menyediakan nasi kuning untuk syukuran nasi kuning online adalah meredakan perut kembung. Nasi kuning yang banyak rempahnya ini mampu menenangkan perut yang kembung. Disarankan untuk mengonsumsinya dalam kondisi panas agar lebih maksimal hasilnya.

Hal ini dikarenakan bahan utama yang digunakan dalam membuat nasi kuning yakni kunyit memiliki peranan penting di dalamnya. Kunyit mampu menekan gas berlebih dalam perut sehingga bisa lebih longgar saat digunakan. Gas penyebab perut kembung ini akan dikeluarkan dengan baik sehingga tidak menyebabkan keracunan.

Selain itu kunyit dalam nasi kuning juga mampu meredakan kenaikan asam lambung. Anda pemilik penyakit lambung bisa terapi menggunakan nasi kuning agar tidak mudah kambuh. Konsumsi dengan batas wajar tidak akan menimbulkan risiko lain bagi kesehatan.

  • Meningkatkan imun tubuh

Manfaat ketiga dari konsumsi nasi kuning adalah bisa meningkatkan imun tubuh. Tubuh dengan imun baik akan memberikan perlindungan lebih baik terhadap berbagai macam penyakit yang datang. Sekali lagi bahan utama yang digunakan untuk mengolah nasi ini memiliki manfaat cukup banyak.

Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang cocok untuk daya kesehatan lebih baik. Anda bisa konsumsi nasi kuning hangat sesekali waktu untuk meningkatkan nafsu makan dan imunitas tubuh. Nasi kuning adalah bahan sehat apalagi dipadukan dengan urap-urapan dengan banyaknya komponen sayuran. Anda bisa mengambil protein dari mana saja baik telur atau ayam dan daging lainnya.

  • Energi

Perlu dipahami juga bahwa nasi kuning ini mampu memberikan energi cukup kompleks untuk dinikmati. Dalam nasi kuning sendiri memiliki karbo yang sangat besar sehingga siap diubah menjadi energi penting dalam tubuh. Kemudian dalam penyajiannya juga dipadukan dengan lauk lain yang penting. Sajian menu ini cukup lengkap mulai dari protein hewani, nabati dan hal lainnya yang membuatnya cukup sedap.

Jika Anda adalah tipe orang yang sulit konsumsi menu lengkap maka cobalah nasi kuning. Sajian ini membuat semua komponen yang dicampur tetap cocok untuk dinikmati. Anda hanya perlu mengganti jenis sayur dan proteinnya agar tidak mudah bosan untuk mengonsumsinya. Nasi kuning juga termasuk hidangan tradisional yang lekat akan makna jadi memang baik untuk kesehatan tubuh.

Dengan syukuran nasi kuning siapa saja bisa menyelenggarakan acara ini tanpa bebas. Nasi kuning dimasak tanpa membutuhkan bahan mahal. Anda bahkan bisa bebas memilih jenis lauk dan paduan lainnya di dalam nasinya. Dengan begitu untuk sekali hidangan sudah lengkap tanpa menyiksa dompet pemilik acara.

[Total: 0 Average: 0]