Syukuran Pindah Rumah

Syukuran Pindah Rumah – Untuk beberapa orang, pindah rumah bisa menjadi salah satu hal yang penting. Terutama untuk orang Jawa, di mana syukuran pindah rumah harus sesuai dengan adat atau budaya yang ada.

Syukuran Pindah Rumah

Ketika pindah rumah, biasanya harus ada proses yang bernama syukuran. Syukuran tersebut biasanya akan identik dengan makan-makan dan acara doa. Untuk jenis makanannya sendiri bisa menggunakan makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia. Namun untuk masyarakat adat Jawa sendiri, biasanya hidangan yang digunakan adalah tumpeng. Berikut adalah beberapa elemen dan juga cara untuk membuat tumpeng.

Elemen Yang Ada Pada Tumpeng Untuk Syukuran Pindah Rumah 

  • Ayam

Komponen pertama yang tidak boleh dilupakan pada tumpeng adalah ayam. Ayam tersebut sebagai lambang darat. Jenis ayam yang digunakan sendiri juga biasanya adalah ayam jantan utuh atau sama dengan ayam ingkung.

Nantinya penyajiannya akan diletakkan di bagian tengah tumpeng. Namun selain ayam ingkung, Anda juga bisa menggunakan ayam dengan olahan lainnya. Seperti ayam bumbu rujak, ayam goreng, ayam bumbu kuning dan lain sebagainya.

  • Telur

Lauk selanjutnya yang perlu ada adalah telur. Telur merupakan salah satu makanan dengan kandungan protein yang tinggi di mana bisa disajikan dengan berbagai macam bentuk olahan makanan. Telur tersebut digunakan karena memberikan lambang berupa kehidupan baru.

Anda bisa menggunakan telur tersebut dan mengolahnya menjadi beberapa jenis hidangan yang enak. Mulai dari telur pindang, telur rebus, dadar telur, dan lain sebagainya. Jika tidak ingin repot, maka Anda bisa memilih pesan tumpeng saja untuk acara syukuran pindah rumah mudah.

  • Ikan laut

Jika ayam melambangkan darat, berbeda dengan ikan laut yang melambangkan laut. Biasanya jenis ikan yang banyak disajikan untuk kebutuhan tumpeng adalah ikan asin. Ikan asin tersebut hanya digoreng dengan balutan tepung seperti biasa saja.

Namun ikan tersebut juga bisa diganti dengan jenis ikan lainnya yang sesuai selera. Biasanya sebagai lauk alternatif jika ada yang tidak menyukai ayam. Misalnya seperti menggunakan ikan lele atau ikan gurami dan jenis ikan yang lainnya.

  • Nasi

Nasi adalah hal yang penting ketika ingin membuat tumpeng untuk acara syukuran. Nasi tersebut melambangkan kehidupan karena juga menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Bentuk kerucutnya yang segitiga sebagai lambang pada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Hal ini juga karena tumpeng tersebut memiliki makna berupa doa. Untuk warna nasinya sendiri menggunakan warna putih yang melambangkan kesucian dan kebersihan. Untuk nasi yang berwarna kuning, maka akan melambangkan kemuliaan dan kegembiraan.

  • Bela pundem

Jika sudah ada lauk yang melambangkan darat dan laut, maka juga harus ada komponen yang melambangkan tanah. Komponen yang digunakan tersebut adalah umbi-umbian, seperti ubi rambat, singkong, talas, kacang tanah dan lain sebagainya. Maknanya adalah sebagai bentuk ucapan syukur. Jika terlalu repot maka Anda bisa pesan nasi tumpeng saja untuk digunakan pada syukuran pindah rumah murah.

Cara Untuk Membuat Nasi Tumpeng Sederhana Untuk Pindah Rumah

Selain beberapa komponen di atas, Anda juga perlu tahu mengenai cara yang biasanya digunakan jika ingin membuat nasi tumpeng.

  1. Pertama yang diperlukan sudah pasti menyiapkan berbagai macam peralatan dan juga bahan yang digunakan. Kemudian masukkan kunyit yang sudah dihaluskan dan campurkan dengan santan. Tambahkan juga daun salam, daun pandan, garam dan sereh untuk menambah aroma dan cita rasanya. Masak larutan atau santan tersebut sampai mendidih.
  2. Beras yang sudah dibersihkan kemudian dikukus. Namun Anda tidak perlu mengukusnya sampai matang. cukup sampai setengah matang saja. Nantinya santan yang sudah mendidih bisa Anda campurkan pada beras dan kukus sampai matang.
  3. Ketika sudah matang, barulah nasi bisa dicetak menggunakan cetakan bentuk kerucut. Jika sudah dingin, maka bisa Anda keluarkan. Tumpeng sudah siap untuk dihias dengan berbagai macam lauk yang sudah dimasak dan hiasan dari sayur-sayuran.

Hal Yang Penting Dilakukan Ketika Pindah Rumah

Beberapa orang mungkin tidak tahu bahwa ada beberapa hal penting yang dilakukan jika ingin pindah rumah. Untuk itu perhatikan beberapa hal berikut.

  • Rumah yang sudah siap

Pertama yang sudah pasti adalah kondisi rumah yang sudah siap untuk ditempati. Mulai dari adanya furnitur di dalam rumah, hingga semua fasilitas yang sudah bisa digunakan. Dengan begitu Anda bisa pindah rumah dengan lebih nyaman dan siap tanpa perlu bingung lagi.

  • Hindari untuk pindah rumah di malam hari

Mungkin ada beberapa orang yang tidak tahu, bahwa pindah rumah di malam hari tidak disarankan. Jika dilihat dari sisi ilmiah, mengangkut barang dan memindahkannya di malam hari akan berisiko.

Bisa saja perabotan tidak dikemas dengan baik dan tidak diletakkan di tempat yang sesuai. Idealnya jika ingin pindah rumah atau mengangkut perabotan, bisa dilakukan di pagi hari sampai siang. Dengan begitu Anda masih punya waktu untuk bisa beristirahat.

  • Memilih hari yang baik

Masyarakat Indonesia memang masih memegang erat budaya adat istiadat. Salah satunya adalah memilih hari yang baik untuk pindah rumah. Adat Jawa sendiri percaya jika ada hari tertentu yang baik dan bisa digunakan untuk pindah rumah. Biasanya tidak boleh dilakukan ketika musim hujan atau pada saat memasuki bulan puasa.

  • Melakukan syukuran

Hal yang penting lainnya juga adalah melakukan syukuran. Syukuran tersebut sebagai bentuk rasa terima kasih pada Tuhan karena sudah diberikan kenikmatan berupa rumah baru. Selain itu juga untuk meminta perlindungan-Nya.

Syukuran pindah rumah sederhana bisa dilakukan dengan cara mengundang teman, keluarga atau saudara. Lakukan acara doa dan makan-makan tumpeng. Untuk tumpengnya sendirinya bisa Anda pesan dari jasa catering agar bisa lebih praktis dan efisien.

  • Membawa beras dan air bersih masuk rumah

Jika dilihat dari Feng Shui, beras bisa melambangkan kemakmuran. Sedangkan air bisa berarti kelimpahan dalam bentuk rezeki ketika tinggal di rumah yang baru. kedua komponen tersebut bisa dibawa masuk ketika pertama kali pindah rumah. Namun jika dilihat secara logika, beras dan air tersebut dibawa masuk terlebih dulu supaya tidak terkena debu yang beterbangan.

  • Pengasapan

Pengasapan biasanya banyak dilakukan ketika ada penyakit demam berdarah. Akan tetapi pengasapan tersebut juga bisa Anda lakukan ketika akan pindah rumah. Bersih-bersih rumah dan juga fogging bisa Anda lakukan beberapa hari sebelum masuk ke dalam rumah. Tujuannya untuk membasmi serangga, nyamuk hingga binatang liar yang mungkin saja sudah bersarang sebelum Anda tempati.

Ketika Anda akan pindah rumah, maka penting untuk melakukan syukuran pindah rumah. Syukuran tersebut sebagai bentuk rasa terima kasih pada Tuhan karena sudah banyak memberikan rezeki.

Salah satunya melalui rumah baru. syukuran bisa Anda lakukan dengan acara makan-makan menggunakan tumpeng dan doa sebagai bentuk rasa syukur. Untuk tumpengnya sendiri bisa didapatkan dari Royal Tumpeng di mana Anda bisa pesan untuk berbagai acara! Hubungi CS kami di 0812.8760.8239 atau email ke order@royaltumpeng.com.

[Total: 1 Average: 5]