Tips Agar Sambal Tidak Cepat Basi dan Lebih Tahan Lama

Tips agar sambal tidak cepat basi – Sambal menjadi salah satu makanan khas dari Indonesia. Rasa pedas yang dimiliki sambal membuat kita menjadi berselera untuk makan. Bahkan, ada beberapa orang yang menganggap sambal sebagai pelengkap yang harus ada dan sangat penting untuk suatu hidangan. Hanya saja, sambal termasuk masakan yang tidak bisa tahan lama. Tapi, ternyata ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat sambal menjadi lebih tahan lama. Hayuk dibaca bagaimana tipsnya di bawah ini!

  1. Jangan lupa ya, untuk memasak sambal sampai benar-benar matang. Cukup 7-12 menitan saja kok!

Copyright by justtryandtaste.com

Copyright by justtryandtaste.com

Pada umumnya, tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasak sambal, paling tidak 7 sampai 12 menit untuk memasaknya. Namun, kamu harus benar-benar memastikan jika sambal yang dimasak sudah matang. Bagi beberapa orang mungkin akan kesulitan ketika melihat bagaimana ciri-ciri sambal yang matang dan yang belum. Jika sambal yang kamu ulek sudah terlihat halus dan dirasa cukup maka tuangkan sedikit minyak pada penggorengan. Tunggu sampai minyak dan penggorengan benar-benar panas. Setelah itu, masukkan ulekan sambal secara hati-hati ke dalam penggorengan dengan api kecil atau sedang agar bisa matang secara merata. Lama-kelamaan, kamu akan mencium bau yang semakin harum dan bau cabai mentahnya sudah tidak ada. Hal inilah yang bisa dijadikan tanda bahwa sambal kamu sudah matang. Namun, jika kamu masih mencium bau langu khas cabai mentah maka tunggulah sebentar lagi karena warna sambal yang matang juga akan berbeda, yakni lebih pekat.

  1. Pastikan pula kalau alat membuat dan memasak sambal yang dipakai dalam keadaan kering dan bersih

Copyright by munthu.com

Copyright by munthu.com

Tidak hanya bahan sambal, alat yang digunakan untuk memasak pun juga akan berpengaruh pada ketahanan sambal. Meskipun alat yang digunakan tidaklah banyak tapi kita tetap harus melihat apakah kebersihan alatnya terjaga seperti penggorengan, ulekan, blender, dan lain sebagainya. Cucilah terlebih dahulu alat-alat tersebut dan tunggulah sampai alat tersebut kering. Jangan menggunakan alat yang masih basah karena dapat membuat sambal menjadi berair dan akhirnya mudah basi. Untuk itu, pastikan jika alat yang akan digunakan sudah dicuci bersih dan sudah kering.

  1. Ingat, selalu gunakan sendok khusus yang belum terpakai sebelumnya

Copyright by pisangsusu.com

Copyright by pisangsusu.com

Sebagian besar orang kurang memperhatikan pemakaian sendok untuk mengambil sambal. Ada beberapa orang yang menggunakan sendok khusus sambal tapi ada juga yang menggunakan sendok untuknya makan atau yang sudah digunakan makan. Padahal penggunakan sendok yang bercampur-campur inilah yang akan membuat sambal menjadi mudah basi. Hal ini dikarenakan sendok yang sudah dipakai untuk makan atau hal lain dapat membawa bakteri, kuman atau sekedar angin yang membuat sambal kemudian basi. Oleh karena itu, ketika kamu menbuat sambal maka gunakan sendok yang khusus bagi sambal itu agar bisa tahan lebih lama. Bentuk atau jenis sendoknya tidak perlu istimewa atau berbeda, cukup dengan menggunakan sendok biasa, melainkan sendok tersebut digunakan hanya untuk sambal itu saja.

  1. Masak bahan sambal terlebih dulu sebelum diolah agar semakin tahan lama

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal biasanya mengandung air, padahal air inilah yang membuat suatu makanan menjadi lebih mudah basi. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita menumis atau menggorengnya sebentar untuk sekedar memanasi dan menghilangkan kandungan air di dalam bahan-bahan tersebut. Dengan begitu, sambal yang dibuat akan lebih tahan lama dan masih bisa digunakan pada keesokan harinya.

  1. Ini dia tips agar sambal tidak cepat basi dengan cara disimpan dalam lemari pendingin atau freezer

Copyright by eithea.net

Copyright by eithea.net

Sudah menjadi rahasia umum jika suatu makanan atau masakan yang ingin diawetkan maka kita bisa memasukkannya dalam kulkas. Begitu juga dengan sambal. Kita juga dapat memanfaatkan lemari es untuk menyimpan sambal sehingga keesokan harinya, sambal masih bisa digunakan. Penyimpanan makanan di dalam kulkas membuat pertumbuhan bakteri atau kuman penyebab makanan basi menjadi terhenti atau terhmbat sehingga makanan akan lebih tahan lama jika kita menyimpannya di luar saja. Oleh karena itu, jika hari sudah menjelang malam dan kamu tidak akan memakan sambal itu lagi maka segera simpan ke suatu wadah dan tutup rapat wadah tersebut baru kemudian menyimpannya ke dalam lemari es.

  1. Pastikan bahan yang digunakan untuk membuat sambal masih segar, agar rasanya juga tetap maknyuss di lidah

Copyright by photobucket.com

Copyright by photobucket.com

Pemilihan bahan yang akan dibuat sambal juga merupakan hal yang penting untuk menjaga ketahanan sambal. Biasanya, sambal dibuat dengan bahan yang hampir sama seperti cabai merah, cabai hijau, cabai rawit, cabai keriting, bawang putih, bawang merah dan lain sebagainya. Untuk membuat sambal kamu bertahan lebih lama maka gunakan bahan-bahan yang masih segar karena bahan yang sudah lama atau bahan kemarin bisa terkontaminasi kuman atau bakteri penyebab makanan basi sehingga sambal juga akan menjadi mudah basi. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu jika bahan yang kamu gunakan sudah bersih dan masih segar.

Demikian beberapa tips agar sambal tidak cepat basi mulai dari cara memasaknya hingga cara penyimpanan yang benar. Ada banyak sekali variasi sambal yang mungkin kamu suka buat. Apapun jenis sambalnya, dengan melakukan cara-cara serta tips di atas, pastinya sambal kamu akan jauh lebih tahan lama dan tetap segar. Apapun sambal yang ingin kamu buat sebagai pelengkap saat bersantap ria dengan keluarga, kamu bisa selalu mempraktekkan tips-tips di atas. Selamat mencoba!