Cara Nasi Agar Tidak Cepat Basi

Cara Nasi Agar Tidak Cepat Basi – Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Nasi sendiri biasanya dimasak dengan menggunakan rice cooker. Namun dengan memasak menggunakan rice cooker, biasanya akan membuat nasi cepat basi.

Cara Nasi Agar Tidak Cepat Basi

Meskipun tak selalu rice cooker yang menjadi penyebab utama nasi jadi lebih cepat basi. Dalam proses membersihkan pun juga menjadi salah tu penyebabnya. Bila tak ingin nasi yang dimasak cepat basi, ikuti tips di bawah ini.

7 Cara Nasi Agar Tidak Cepat Basi Yang Mudah Dilakukan

  • Jaga Kebersihan Rice Cooker

Agar nasi tak cepat basi, rajin-rajinlah untuk membersihkan bagian dalam dan luar rice cooker. Rice cooker yang kotor dapat jadi tumbuhnya jamur dan bakteri yang membuat nasi jadi lebih cepat basi.

Selain itu saat nasi sudah masak, jangan lupa untuk mendinginkannya dengan melepas colokan dan mengangkat nasi. Bila Anda ingin menghangatkan nasi, bisa memanaskan nasi ke dalam rice cooker kembali.

  • Aduk Nasi

Saat memasak nasi, jangan lupa untuk mengaduknya. Hal ini bertujuan agar uap yang terdapat pada dalam nasi dapat menyebar secara merata. Selain itu, dengan mengaduk juga dapat membuat tekstur nasi lebih lembut dan matang dengan sempurna. Dengan begitu nasi yang dimasak tidak akan cepat basi karena uap air yang ada sebelumnya sudah sedikit berkurang.

  • Beri Perasan Lemon

Cara nasi agar tidak cepat basi terbaru ialah menggunakan perasan lemon. Cara yang satu ini memang belum banyak diketahui oleh orang-orang. Namun perasan dari buah masam ini diyakini dapat membuat nasi tidak cepat basi.

Caranya cukup dengan memberikan beberapa tetes perasan lemon ke dalam beras yang sudah di cuci. Kemudian ratakan dan masukkan ke dalam rice cooker. Selain membuat nasi jadi tak cepat basi, perasan jeruk nipis juga dapat membuat nasi jauh lebih pulen.

  • Masak Nasi yang Cukup

Agar nasi yang basi tidak banyak yang dibuang dan tidak jadi mubazir, masaklah nasi dengan takaran yang cukup. Bisa juga masak nasi untuk sekali makan, dengan menggunakan metode ini tentunya nasi akan lebih fresh dan terhindar dari basi. Anda cukup memasak nasi di pagi hari untuk sarapan dan makan siang. Lalu masaklah nasi di sore hari untuk makan malam.

  • Perhatikan Cara Pencucian

Saat akan menanak nasi, pastikan terlebih dahulu bahwa beras yang dicuci sudah bersih. Beras yang tidak bersih tentunya akan mempengaruhi daya tahan nasi yang akan dimasak. Dengan begitu nasi akan cepat menguning dan basi.

Maka dari itu cucilah nasi dengan sangat bersih dan buang kotoran yang terdapat pada beras. Dengan mencuci secara bersih tentunya akan membuat warna nasi jadi terlihat bagus dan tidak cepat basi.

  • Pilih Rice Cooker yang Bagus

Selain cara pencuciannya, rice cooker juga dapat menjadi salah satu penyebab nasi jadi mudah basi. Dengan menggunakan rice cooker yang tidak bagus dengan beberapa bagian yang rusak tentunya nasi tidak bisa dimasak dengan maksimal.

Maka dari itu saat Anda merasa setiap nasi yang dimasak jadi cepat basi, cobalah untuk memeriksa kondisi rice cooker. Bila terdapat beberapa elemen yang tidak berfungsi, ada baiknya untuk memperbaiki atau mengganti dengan yang baru.

  • Perhatikan Takaran Air

Menentukan takaran air yang pas tentunya dapat memengaruhi hasil nasi yang sudah dimasak. Bila air yang diberikan kurang, pastinya akan membuat nasi jadi lebih kering dan bertekstur kasar.

Namun sebaliknya, bila terlalu banyak akan membuat nasi jadi lembek dan cepat basi. Untuk menentukan ukuran yang pas Anda bisa menakarnya dengan gelas ukur atau bisa menandai dengan telunjuk. Bila air tidak melebihi garis telunjuk saat dicelupkan, hal itu menandakan bahwa air yang diberikan sudah pas.

6 Hal yang Menyebabkan Nasi Jadi Lebih Cepat Basi

Setelah melihat berbagai cara nasi agar tidak cepat basi, tapi nasi tetap cepat basi. Kemungkinan ada beberapa hal yang menjadi penyebab utama dalam membuat nasi jadi lebih cepat basi.

Untuk mengetahui hal tersebut, Anda perlu mengecek beberapa komponen atau melihat kebiasaan dalam memasak nasi. Berikut ini hal-hal yang menyebabkan nasi jadi cepat basi yang wajib diketahui.

  • Tempat yang Tidak Bersih

Sebelum menanak nasi, pastikan untuk membersihkan wadah penanak dengan bersih. jangan sampai sisa nasi sebelumnya masih menempel. Untuk menghilangkan bekas nasi yang menempel, Anda bisa merendam wadah penanak sekitar 10 menit dengan air.

Namun meskipun sisa nasi sudah rontok, tapi bersihkan lagi dengan cara meraba bagian dalam wadah. Bisa sudah tidak terasa bekas nasi dalam wadah bilas kembali dengan air mengalir dan langsung keringkan.

  • Uap Air yang Terkunci

Saat nasi sudah matang, biasanya ada banyak uap air yang dihasilkan. Uap air tersebut merupakan salah satu penyebab nasi jadi lebih cepat basi. Bila dibiarkan terlalu lama, uap air akan membasahi nasi yang sudah dimasak. Maka dari itu agar nasi tidak cepat basi, bukalah penutup rice cooker. Biarkan uap air menguap dan aduk nasi hingga merata.

  • Elemen Penanak Nasi yang Rusak

Selain uap air, elemen dari rice cooker yang rusak juga bisa menyebabkan nasi jadi lebih mudah menguning dan cepat basi. Maka dari itu cobalah untuk memeriksa bagian karet dari penutup rice cooker.

Selain itu periksa juga kabel listrik untuk mengetahui apakah kabel tersebut ada yang rusak atau tidak. Dengan kabel yang rusak tentunya kualitas rice cooker dalam menanak nasi akan menurun. Untuk itu cara nasi agar tidak cepat basi terlengkap ialah dengan memperbaiki elemen rice cooker atau membeli yang baru.

  • Sendok Nasi yang Kotor

Selain wadah penanak nasi, sendok yang kotor juga dapat menyebabkan nasi jadi cepat basi. Hal tersebut dikarenakan sendok tersebut biasanya digunakan untuk mengambil nasi tapi karena kotor, nasi akan cepat menguning dan basi. Lebih lagi sendok yang digunakan untuk mengambil nasi, dibuat untuk mengambil makanan yang lain.

  • Kurangnya Waktu

Penanak nasi biasanya akan memberikan tanda bila nasi sudah matang dengan mengubah tombol cook menjadi warm. Namun meskipun tombol nasi sudah berpindah jangan terburu-buru untuk membuka tutup rice cooker.

Bukalah tutup rice cooker dengan menunggu waktu sekitar 10 menit. Dengan begitu nasi yang dimasak akan jauh lebih tanak dan matang dengan sempurna sehingga nasi juga tidak akan cepat basi.

Bila Anda merasa nasi yang dimasak jadi lebih cepat basi, ikuti beberapa tersebut. Jangan lupa juga untuk menyimak ulasan tersebut agar mengetahui penyebab yang membuat nasi jadi cepat basi.

Saat mengadakan acara tentunya Anda membutuhkan nasi yang lebih fresh dan pulen. Dari pada repot gunakan saja jasa catering dari Royal Tumpeng untuk konsumsinya. Hubungi CS kami di 0812.8760.8239 atau email ke order@royaltumpeng.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

[Total: 1 Average: 5]