Membuat Bento Nasi Tumpeng untuk Ulang Tahun Anak

Resep Nasi Tumpeng – Nasi tumpeng merupakan makanan khas Indonesia yang terkenal dengan bentuk kerucut dan lauk-pauknya yang beragam. Banyak orang mencari resep nasi tumpeng untuk acara-acara tertentu, seperti syukuran, acara rakyat dan budaya, hingga pesta. Karena rasanya yang enak, penggemar tumpeng pun datang dari berbagai lapisan. Bukan hanya dari kalangan orang dewasa dan tua saja, tetapi juga anak-anak. Maka, tak heran jika nasi tumpeng juga kerap hadir dalam ulang tahun anak.

Resep Nasi Tumpeng

Agar tampak menarik dan sesuai dengan usia, Anda bisa mengkreasikan nasi tumpeng tersebut dalam bentuk berbeda, misalnya bento. Bento adalah bekal khas Jepang yang ditata sedemikian rupa dalam kotak makanan. Anda juga tidak membutuhkan resep nasi tumpeng khusus, karena umumnya tidak berbeda. Hanya saja, tambahan untuk lauk-pauknya disesuaikan dengan anak-anak.

Resep Nasi Tumpeng Bento Untuk Ulang Tahun Anak

Anda perlu menyiapkan bahan-bahan utama seperti beras putih, beras ketan, serta santan kelapa yang jumlahnya disesuaikan dengan tamu yang diundang. Namun sebelumnya, Anda harus membuat bumbu kuningnya yang terbuat dari campuran kunyit, daun salam, serai, perasan jeruk nipis, daun jeruk, dan garam yang dimasak dengan air mendidih. Bumbu tersebut dimasukkan ke dalam panci bersama air santan untuk merebus dan mengukus beras.

Kemudian, masukkan beras yang sudah dicuci bersih dan beras ketan yang sudah didiamkan semalaman ke dalam panci tersebut. Dalam keadaan direbus, aduk komponen-komponen tersebut hingga santannya mengering dan wara kuning dari bumbunya merata seluruhnya. Selanjutnya, rebus selama 30 atau 35 menit sampai beras di dalamnya berubah menjadi nasi. Jika sudah matang, tuang dalam wadah besar dan kreasikan nasi kuning tersebut menjadi bentuk yang Anda inginkan.

Sebagai tambahan, Anda bisa memasukkan sosis, nugget, telur dadar, perkedel, dan mentimun. Bentuknya bisa berupa potongan-potongan kecil atau dibuat seperti bunga dan bintang. Anda juga bisa menambahkan komponen penunjang lain seperti susu atau puding agar anak-anak semakin tertarik. Untuk bentuk dan kemasan resep nasi tumpeng menarik lain yang cocok untuk anak, bisa Anda cek di RoyalTumpeng.com.