Pesan Nasi Tumpeng Cipayung

Pesan Nasi Tumpeng Cipayung – Salah satu sajian khas Indonesia yang terkenal adalah nasi tumpeng. Olahan makanan tradisional mulai dari yang sederhana hingga yang mewah ini, sering menjadi menu utama suatu acara.

Banyak orang yang mengira bahwa membuat nasi tumpeng ini sulit, padahal caranya mudah jika dilakukan dengan langkah yang tepat. Anda bisa membuat nasi tumpeng yang enak, gurih, dan nasinya tidak mudah basi.

Pesan Nasi Tumpeng Cipayung

Pesan Nasi Tumpeng Cipayung dan Tips Membuat Nasi Tumpeng Enak

  • Menggunakan Alat dan Bahan yang Sesuai

Cara pertama dalam membuat nasi tumpeng yang enak dan gurih adalah dengan menggunakan alat serta bahan yang sesuai porsinya. Pastikan Anda membuat nasi tumpeng satu porsi untuk satu orang.

Tujuannya adalah untuk mempersiapkan tampah dan cetakannya, untuk alas nasi tumpeng. Cara ini juga akan memengaruhi jumlah bahan masakan yang digunakan dalam membuat nasi tumpeng tersebut.

  • Menggunakan Beras Pilihan

Tips lainnya dalam membuat nasi tumpeng yang enak dan gurih adalah gunakan beras terbaik. Pilihlah jenis beras pilihan yang setelah diolah nasinya pulen, tidak berkutu, dan kualitasnya juga baik. Caranya dengan melihat butiran berasnya, pilih butiran beras yang besar-besar dan utuh.

Anda bisa pesan nasi tumpeng Cipayung murah dengan rasa yang enak dan lezat, dan dibuat dari beras pilihan yang pulen.

  • Menggunakan Teknik Aron Ketika Memasak Nasi Tumpeng

Masak nasi tumpeng dengan menggunakan teknik aron supaya nasinya tidak cepat basi. Cara menggunakan teknik aron ini adalah dengan mencuci berasnya terlebih dulu kemudian rendam dengan air bersih sebelum dimasak. Selanjutnya masak beras dengan cara mengukusnya sampai setengah matang.

Lalu masukkan ke dalam wadah besar dan aduk sampai airnya mendidih. Kemudian masak kembali beras dengan cara dikukus lagi sampai benar-benar matang.

  • Cetak Nasi Tumpeng Sambil Diaduk

Cara lainnya supaya nasi tumpeng tidak mudah basi adalah dengan meratakan nasi pada sebuah nampan yang bersih. Setelah itu kipas nasi hingga uapnya menghilang. Jangan mencetak nasi ketika uapnya masih banyak, karena hal itu akan membuat nasi menjadi lebih mudah basi.

Maka sebaiknya ratakan nasinya terlebih dulu dan kipasi nasi sampai uapnya sudah tak terlihat lagi. Barulah cetak nasinya sambil diaduk-aduk.

  • Mempersiapkan Berbagai Bahan Bumbu

Dalam membuat nasi tumpeng memang prosesnya cukup rumit, maka persiapkan bahan-bahan untuk bumbunya terlebih dulu. Banyak elemen penting yang harus dimasak ketika akan memasak tumpeng. Maka siapkan beragam jenis bumbu yang nantinya akan dipakai.

Cara ini dilakukan untuk mempersingkat waktu memasak dan cara membuat tumpeng menjadi lebih efisien. Bisa juga Anda langsung pesan nasi tumpeng Cipayung praktis, jika ingin memilih menu nasi tumpeng untuk suatu acara.

  • Menggunakan Santan yang Berasal dari Perasan Kelapa

Walaupun cara pembuatan nasi tumpeng ini lebih rumit tetapi sebaiknya Anda tidak menggunakan bumbu instan. Apalagi menggunakan santan instan untuk memasak tumpeng. Lebih baik gunakan santan dari perasan kelapa parut secara langsung. Karena hasilnya akan lebih gurih alami dan rasanya lebih enak.

  • Menambahkan Air Perasan Jeruk

Tambahkan juga air perasan jeruk pada beras supaya warna kuningnya terlihat lebih cerah. Caranya yaitu dengan mengukus beras terlebih dulu sampai setengah matang, baru ditambahkan perasan jeruk. Perasan air jeruk ini masukkan ke dalam beras yang sudah diaron dengan menggunakan santan yang dicampur perasan kunyit.

  • Menggunakan Daun atau Plastik

Cara mencetak nasi tumpeng berikutnya supaya nasi tidak mudah rusak atau retak adalah dengan mengeluarkan nasi setelah dingin. Supaya bentuknya pun menjadi lebih stabil dan tidak mudah retak.

Tumpeng yang sudah dikeluarkan ini bungkus dengan plastik atau daun pisang sampai nasi akan mulai dimakan. Tujuannya juga untuk membuat nasi menjadi kering atau keras.

Infografik Pemesanan Nasi Tumpeng

 

Arti Nama Tumpeng dan Makna Jumlah Lauknya

Bagi masyarakat di Pulau Jawa tentu sudah tidak asing dengan makanan tradisional tumpeng. Hidangan khas Indonesia ini hampir selalu ada di acara syukuran atau selamatan. Misalnya perayaan hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus. Hampir setiap tempat akan mengadakan acara lomba membuat nasi tumpeng.

Penyebutan nasi tumpeng ini ternyata memiliki maknanya sendiri. Kata tumpeng adalah akronim dari kata Menarik. Dalam Bahasa Jawa arti kata tumpeng ini berasal dari singkatan, meTu kudu meMPENG yang kemudian disingkat menjadi tumpeng. Artinya adalah pada saat keluar harus semangat dan bersungguh-sungguh.

Maksud dari kalimat itu adalah pada saat manusia terlahir ke dunia maka manusia harus menjalani kehidupan di jalan Tuhan. Dengan penuh keyakinan, semangat, tidak mudah putus asa, dan fokus. Manusia juga harus selalu percaya bahwa Tuhan itu ada dan selalu bersama dengan mereka.

Bagi Anda yang ingin memesan nasi tumpeng, sebaiknya ketahui cara pesan nasi tumpeng Cipayung. Nasi tumpeng yang sudah dipercaya baik dari segi rasa maupun tampilannya.

Makna Tujuh Jenis Lauk Pada Nasi Tumpeng

Selain memiliki makna pada kata nasi tumpeng itu sendiri, ada juga makna lauk pada nasi tumpeng tersebut. Lauk pada nasi tumpeng terdiri dari 7 jenis makanan yang masing-masing memiliki makna tersendiri. Tujuh lauk pada nasi tumpeng berasal dari angka 7 dalam bahasa Jawa yang disebut dengan Pitu. Yang berasal dari akronim kata Pitulungan atau Pertolongan.

Lauk pauk tersebut juga menjadi representasi dari sumber daya alam, khususnya makanan yang merupakan hasil bumi. Dengan pesan nasi tumpeng Cipayung maka Anda bisa menikmati nasi tumpeng yang rasanya legit sekaligus gurih. Anda bisa memesannya langsung di Royal Tumpeng. Jasa catering berpengalaman yang dapat dihubungi dii 0812 8760 8239.

[Total: 1 Average: 5]