Pesan Nasi Tumpeng di Jatiwarna

Pesan Nasi Tumpeng di Jatiwarna – Nasi tumpeng adalah makanan khas Indonesia yang sering di sajikan pada acara tertentu. Hidangan dengan ciri khas berbentuk piramida berwarna kuning yang di sekelilingnya akan dihiasi oleh berbagai lauk pauk sebagai penghias.

Pesan Nasi Tumpeng di Jatiwarna

Tips Pesan Nasi Tumpeng di Jatiwarna  yang Terbaik

  • Tentukan Jenis

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih nasi tumpeng berkualitas adalah kita harus tahu apa yang diinginkan.  Apakah menggunakan nasi putih biasa, nasi kuning, nasi hijau atau nasi uduk dan mau seberapa besar untuk ukurannya. Jenis nasi yang digunakan dalam tumpeng dipengaruhi oleh tradisi budaya sekitar.

Jenis nasi tumpeng sering kali ditentukan oleh acara apa yang dirayakan. Sebagai contoh di pulau Jawa dan bali membuat tumpeng untuk hajatan atau merayakan suatu peristiwa yang penting seperti pernikahan dan kelahiran anak. Secara umum nasi yang sering digunakan adalah nasi kuning yang dibentuk menjadi kerucut yang menyimbolkan keagungan.

  • Pilih menu 

Untuk mendapatkan kualitas terbaik kita juga harus bisa memilih menu yang terbaik saat pesan nasi tumpeng di Jatiwarna Bekasi. Menu yang dipilih memiliki kualitas sebaik mungkin dan diolah dengan cara yang baik. Harus dipikirkan juga apakah menunya ingin di goreng, dioseng, dibakar atau direbus.

Pada nasi tumpeng biasanya menyajikan hidangan telur, tempe atau tahu dengan tambahan olahan daging ayam atau daging sapi yang disesuaikan dengan porsi dan selera. Menu pada nasi tumpeng di letakkan dan di susun dengan rapi di sekeliling nasi membentuk lingkaran.

  • Pilih sayur 

Sayuran bisa ditambahkan sebagai pelengkap pada nasi tumpeng. Selain sebagai penghias, sayur juga bermanfaat sebagai sumber vitamin agar nasi tumpeng tetap memiliki gizi yang seimbang. Sayur yang bisa ditambahkan pada nasi tumpeng seperti kacang panjang, kubis, olahan capcay atau sawi. Pemilihan sayur dapat disesuaikan dengan selera konsumen.

Sayur yang sering di dipakai pada nasi tumpeng adalah urap. Urap memiliki makna kehidupan yang tenteram, selain itu banyaknya jenis sayur pada urap menandakan kandungan gizi dan mineral yang baik pada sayuran ini.

  • Tentukan bentuk dan konsep 

Kamu harus tahu ingin membuat nasi tumpeng dengan konsep yang bagaimana. Apakah berbentuk segitiga saja atau berbentuk segitiga bertingkat. Selain itu juga mau dihias seperti apa, hal ini penting karena dapat mempengaruhi daya tarik nasi tumpeng. Dalam menentukan konsep sesuaikan dengan tujuan dibuatnya nasi tumpeng. Apakah untuk acara ulang tahun, pernikahan atau syukuran.

  • Pilih box

Pemilihan box saat pesan nasi tumpeng di Jatiwarna unik memiliki nilai tersendiri. Dengan pemilihan yang baik bisa membuat nilai tampilan nasi tumpeng lebih menarik. Sehingga harus tepat dan cermat dalam pemilihan box bagi nasi tumpeng.

Hal ini juga disesuaikan dengan budget, situasi dan kondisi dalam pemilihannya. Jangan memilih Box yang terlalu mencolok karena terkadang dapat membuat nasi tumpeng terlihat ramai. Perhatikan juga dalam memilih box nasi tumpeng, pilihkan box yang aman sehingga tidak merusak bentuk dari nasi tumpeng.

Infografik Pemesanan Nasi Tumpeng

Lauk Pendamping Nasi Tumpeng 

  • Ayam goreng bumbu kuning

Hampir semua orang menyukai lauk pauk ayam. Dimana ayam dapat diolah dengan berbagai jenis masakan baik digoreng, dibakar ataupun direbus. Namun ayam dengan bumbu kuning menjadi ciri khas dalam pesan nasi tumpeng di Jatiwarna murah. Ayam bumbu kuning juga memiliki aroma rempah khas Indonesia sehingga membuat kelezatan dalam setiap suapan nasi tumpeng.

Ayam goreng bumbu kuning menggunakan ayam ungkep dan selanjutnya di bumbu dengan racikan bumbu kuning khas Indonesia. Ditaburi dengan kremesan gurih yang sudah diberi bumbu.

  • Ayam oseng ati ampela 

Lauk khas dalam nasi tumpeng kuning adalah olahan oseng ayam, namun ditambahkan dengan ati dan ampela. Olahan bumbu ini menggunakan cabai rawit, bawang merah, daun jeruk, lengkuas, bawang putih, dan berbagai bumbu rahasia khas nusantara. Disajikan dengan taburan bawa goreng di akhir masakan. Selain isinya daging ayam, ati dan ampela akan lebih nikmat ditambahkan potongan dadu tempe goreng atau tahu goreng.

Pada oseng ayam ati ampela ini dapat dibuat sedang ataupun manis, tergantung dengan selera masing-masing individu. Biasanya orang jawa akan lebih menyukai oseng yang mengarah ke manis, dan orang Kalimantan atau Sumatra lebih menyukai rasa yang pedas. Rasa dari oseng ayam ati ampela dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

  • Perkedel 

Makanan yang terbuat dari olahan kentang ini cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kentang direbus lalu di tumbuk dan di buat bulat-bulat serta di pipihkan. Setelah itu di goreng dalam api yang cukup panas hingga berwarna kecokelatan. Terkadang perkedel bisa dicampur dengan daging sapi giling.

Perkedel ini enak sebagai pendamping nasi tumpeng. Rasanya yang gurih dan bahan pembuatan yang mudah menjadikan perkedel sebagai pendamping wajib pada nasi tumpeng.

  • Tempe kering

Olahan berbahan dasar tempe dengan rasa cenderung asam dan manis. Tempe potong tipis lalu digoreng sampai kecokelatan hingga kering. Makanan ini cocok disajikan dengan nasi tumpeng dan tidak masalah jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Olahan tempe kering ini cukup populer di masyarakat Indonesia, selain cita rasa yang lezat juga mudah untuk dibuat dan murah.

Selain rasa yang gurih, olahan tempe goreng ini juga mengandung protein, karbohidrat , mineral dan vitamin yang baik bagi tubuh. Baik kalangan remaja ataupun orang tua hampir suka dengan olahan tempe yang satu ini

  • Telur dadar tipis

Telur dadar tipis hampir selalu disajikan di pesan nasi tumpeng di Jatiwarna online ataupun offline. Campuran telur yang dikocok dengan tepung maizena lalu digoreng secara tipis . Setelah matang telur di golong di dipotong secara memanjang . Telur dadar tipis akan menjadi penghias nasi tumpeng yang pernah didapatkan.

Rasanya yang gurih, cocok dengan lidah masyarakat yang cenderung menyukai makanan asin. Perpaduan telur tipis dengan oseng kering tempe yang manis akan menjadi kombinasi yang lezat dalam nasi tumpeng.

  • Urap sayur

Hidangan sayuran berisi kacang panjang, kubis, bayam, daun singkong, kecambah dan kangkung yang di campur dengan kelapa parut yang sudah dibumbui. Rasanya yang gurih dan sedikit pedas dengan cita rasa nusantara yang khas membuat urap sayur selalu ada sebagai sayur pendamping.

Urap ini makanan khas Jawa dimana hanya terdiri dari sayuran yang direbus. Kelapa parut dalam urap berdiri dari campuran parutan kelapa, bawang merah, bawang putih, cabai, yang di campur dengan gula jawa dan kencur

  • Telur balado 

Telur balado memiliki cita rasay yang gurih dan pedas, dimana hal ini menambahkan kenikmatan pada nasi tumpeng. Telur di rebus lalu dioseng dengan bumbu balado dan daun jeruk. Makanan sederhana ini selain rasanya yang enak juga mudah untuk dibuat. Makanan khas Bali ini kerap menghiasi nasi tumpeng di berbagai acara.

Selain rasanya yang enak, warna dari telur balado ini membuat menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan daya beli konsumen. Bahan baku untuk membuat lauk pauk ini juga tergolong mudah didapatkan dan waktu pemasakan yang cukup singkap dan mudah.

Infografik Menu Royal Tumpeng

Nasi Tumpeng Sebagai Ikon

  • Makanan yang lezat 

Pemesanan nasi tumpeng dikarenakan alasan utama yaitu ingin memberikan makanan yang lezat pada suatu acara. Aneka ragam sajian dan cita rasa dihadirkan dalam nasi tumpeng. Berbagai jenis lauk pauk dan sayur menghiasi nasi kuning sehingga banyak diminati rasanya

Nasi tumpeng juga dimasak dengan berbagai bumbu rempah Indonesia. Hal ini membuat nasi tumpeng tidak diragukan lagi sebagai pilihan terbaik dalam suatu acara.

  • Makna nasi tumpeng 

Nasi tumpeng terbuat dari jenis nasi yang berbeda-beda tergantung dengan selera yang diinginkan. Nasi tumpeng dengan nasi kuning keemasan menandakan kekayaan dan kejayaan. Nasi tumpeng dengan  nasi putih melambangkan kesucian, dan nasi merah menandakan keberanian serta syukuran.

Makna nasi tumpeng ini dipercayai sebagai simbol yang membawa berkah pada suatu acara, sehingga di tentukan dengan acara yang terselenggarakan. Selain itu nasi tumpeng yang berbentuk kerucut sudah menjadi bentuk khas di Indonesia.

  • Lauk pauk yang bervariasi 

Nasi tumpeng disediakan dengan berbagai macam lauk pauk, dari olahan ayam, ikan, daging dan seafood. Lauk pauk ini disajikan dengan masakan yang beragam tergantung selera. Bisa dibakar, di goreng, di bumbu bali, di masak padang atau hanya di rebus. Hal ini membuat nasi tumpeng di jatiwarna dengan kulitas terbaik.

Hadirnya lauk pauk sebagai pendamping nasi perlu di perhatikan. Ragam lauk pauk yang banyak ini juga membuat orang-orang lebih menikmati ketika menyantapnya. Rasa yang diperoleh bermacam-macam dan testi rasa yang nikmat. Selain itu juga bisa disesuaikan dengan budget yang diinginkan.

  • Bumbu khas nasi tumpeng 

Bumbu khas nasi tumpeng terkenal dengan rempah-rempah khas Indonesia, dimana kaya akan cita rasa yang nikmat. Mulai dari bawang merah dan putih, kunyit, daun jeruk, daun salam dan jahe. Cita rasa ini disajikan berbeda-beda sesuai selera, karena pastinya setiap orang punya resep rahasianya dalam memilih nasi tumpeng.

Tips Memasak Nasi Tumpeng 

  • Pilih bahan baku berkualitas 

Kunci semua masakan yang enak dan lezat adalah dari bahan baku yang disediakan. Sayuran yang berkualitas bagus dan fresh. Lauk pauk dari ikan, daging, ayam dan sebagainya dibeli dengan kualitas yang baik dan segar. Beras yang digunakan juga dengan kualitas terbaik untuk menjaga cita rasa makanan yang enk dan berkualitas

Semua lauk pauk yang mau diolah dipastikan kebersihannya terlebih dahulu. Dicuci dengan air mengalir untuk membersihkan kotoran di setiap permukaan baru dimasak dengan resep yang diinginkan.

  • Cuci beras dengan baik 

Cuci beras dengan bersih dan diulang berkali-kali agar bersih. Gunakan air mengalir yang bersih membuat beras lembut, bersih, higienis dan ketika dimakan terasa lebih nikmat. Setelah di cuci beras di rendam agar lebih empuk ketika dimasak.

Pilih juga beras dengan kualitas terbaik, bersih dan bebas dari bahan kimia. Perhatikan warna beras saat pemilihan, karena bisa saja beras mengandung pemutih yang tidak baik untuk kesehatan dan menurunkan kualitas dari nasi tumpeng.

  • Penyajian dengan cantik 

Penyajian pesan nasi tumpeng di Jatiwarna cantik harus di tata dengan rapi dan cantik sehingga menambah selera dan bagus ketika disajikan. Tambahkan tomat, wortel, selada, timun yang diiris atau dibentuk bunga atau binatang sebagai penghias. Piring dari nasi tumpeng juga bisa dibuat cantik dengan pemilihan yang tepat. Biasanya menggunakan piring berwarna putih dengan bordiran di sekitarnya

Selain itu juga di tambahan tulisan atau aksesoris seperti selamat ulang tahun kepada siapa jika memang nasi tumpeng ini dibuat untuk merayakan ulang tahun. Nasi tumpeng nantinya juga akan di tutup dengan plastik berbentuk wrap agar bisa dibawa ke mana saja dan tidak merusak hiasan. Terakhir tambahkan pita di bungkusnya agar lebih cantik.

Jika Anda ingin pesan nasi tumpeng di Jatiwarna yang terpercaya dan rasanya enak, maka dapat menghubungi Royal Tumpeng. Kami adalah jasa catering berpengalaman yang menawarkan delivery order tumpeng di 0812 8760 8239. Bisa juga dengan mengontak email kami di order@royaltumpeng.com.

5/5 - (1 vote)
×