Pesan Nasi Tumpeng di Taman Mini

Pesan Nasi Tumpeng di Taman Mini – Masyarakat Indonesia tentu tidak asing lagi dengan makanan bernama tumpeng. Biasanya disajikan dalam perayaan tradisional. Namun, sekarang ini nasi tumpeng kerap menjadi hidangan istimewa di acara syukuran, arisan hingga ulang tahun.

Pesan Nasi Tumpeng di Taman Mini

Hiasan Menarik Yang Digunakan Saat Pesan Nasi Tumpeng di Taman Mini

Tumpeng yang berwarna kuning sudah mampu menarik perhatian. Apalagi disekelilingnya terdapat lauk pauk. Semakin lengkap tampilan dan warnanya dengan tambahan hiasan yang terbuat dari sayuran. Mulai dari cabai, timun, wortel yang dijelaskan berikut ini.

  • Bunga dari Cabai

Hiasan bunga sampai sekarang ini masih dibuat dari bahan cabai merah. Tetapi, ada juga yang memanfaatkan paprika, tergantung kemudahan memperolehnya. Warna merah menyala membuat nasi tumpeng semakin ingin langsung disantap.

Hiasan ini tidak sulit untuk membuatnya. Tinggal memotong cabai secara vertikal menggunakan gunting dapur. Semua biji dihilangkan agar mudah dibentuk kelopak bunga. Setiap potongan ini dibuat melengkung supaya tampaklah seperti kelopak bunga.

  • Bunga Mawar dari Wortel

Warna oranye sangat indah saat dibentuk menjadi sekuntum mawar. Cocok sekali diletakkan di tumpeng sebagai hiasan. Sangat mudah membuatnya karena bertekstur padat. Jangan lupa mencuci wortel terlebih dahulu, kupas kulit terluarnya.

Biasanya menggunakan pisau salur khusus agar tampilannya benar-benar seperti kelopak bunga. Irisan tebal untuk dasar bunga, sedangkan yang tipis sebagai kelopak. Letakkan irisan tipis ini ke dalam irisan yang lebih tebal sampai membentuk bunga mawar. Hiasan  inilah yang membuat pesan nasi tumpeng di Taman Mini menarik.

  •   Anyaman dari Kacang Panjang

Hiasan ini sering ditemukan di pinggaran tampah, memagari semua lauk-pauk agar tidak jatuh keluar. Bentuknya sangat unik karena seperti anyaman memanjang. Juga tidak sulit untuk membuatnya, apalagi kacang panjangnya masih utuh, belum dipotong-potong.

Tentu saja, kacang panjang dibersihkan terlebih dahulu. Mungkin sebagian orang ada yang mengukusnya agar mudah dibentuk dan nantinya bisa langsung dimakan. Namun, untuk acara kekinian seperti ulang tahun anak-anak, penyajian nasi tumpeng sudah tidak lagi menggunakan anyaman kacang panjang.

  • Bunga Mawar dari Tomat

Bunga mawar berikutnya terbuat dari buah tomat. Bayangkan saja bagaimana indahnya saat warna merah bertemu dengan mawar oranye wortel tadi. Perpaduan semakin estetik dan menggugah selera. Tidak banyak alat dibutuhkan, hanya perlu pisau yang tajam untuk memotong kulit tomat. Meskipun begitu, kulitnya tidak boleh terputus.

Kulit tomat tersebut digulung spiral. Pastikan sisi kulit tetap berada di bagian luar dan pulpanya di dalam. Letakkan gulungan kulit tomat di bagian bawah sebagai asalnya. Sesuaikan dengan cara mengedurkan atau mengencangkan sisi tertentu, sampai tampak seperti bunga mawar asli.

  • Bunga dari Irisan Timun

Sayur berikutnya yang dapat digunakan adalah mentimun. Pisau merupakan alat yang harus disiapkan untuk hal ini. Sebaiknya pisau yang tajam agar lebih mudah membuat irisan. Potonglah timun tersebut menjadi 6 irisan tipis. Bentuk sebuah lubang di bagian tengahnya, untuk bagian dasar bunga.

Gulung 5 irisan timun sampai membentuk kelopak bunga. Gulungan kelopak diposisikan di bagian tengah lubang pertama kali. Lebarkan dan usahakan agak melengkung semua irisan timun lainnya agar tampak seperti kelopak. Adanya hiasan timun membuat pesan nasi tumpeng di Taman Mini terbaik menjadi pilihan.

Infografik Menu Royal Tumpeng

Tips Agar Hiasan Tumpeng Segar dan Cantik Dalam Waktu Lebih Lama

Hiasan yang digunakan untuk menghias tumpeng sudah dijelaskan di atas. Karena terbuat dari sayuran, tidak jarang cepat layu atau tidak segar lagi selama beberapa waktu. Selain merusak tampilan, tentu kurang enak disantap. Karena itu, penting bagi Anda untuk menerapkan langkah berikut agar sayuran tersebut selalu cantik dan segar.

  • Pilih Sayur Segar dan Berkualitas

Jika dari pemilihan awal saja, sudah menggunakan sayur yang dipetik kemarin atau sudah layu. Maka, hasilnya tentu saja tidak bagus. Sebab kualitas bahan yang digunakan sangat menentukan seberapa lama hiasan ini bisa bertahan di atas nasi tumpeng.

Apalagi nantinya timun, wortel dan tomat akan diolah lagi menggunakan pisau sampai membentuk hiasan. Selama pengerjaan ini, tekstur utuh sayuran akan dipotong ataupun diiris. Maka, kondisi cepat layu ini mudah sekali terjadi. Untuk meminimalisir hal ini, harus memilih sayur yang masih segar di pasar.

  • Tidak Menggunakan Banyak Alat

Hiasan ini sebenarnya sangat simpel. Tidak perlu banyak alat yang rumit selama pengerjaannya. Pisau yang tajam dan gunting dapur, biasanya sudah cukup.Semakin banyak alat yang digunakan, maka semakin mudah membuat tampilan sayuran amburadul, lembek serta layu.

Karena itu, bentuk hiasan yang ingin dibuat pun harus sederhana. Jika hiasannya terlalu rumit, akan membutuhkan banyak alat. Inilah yang membuat pesan nasi tumpeng di Taman Mini tahan lama.

  • Simpan di Lemari Es

Jika hiasan yang sudah selesai dibuat tersebut, tidak langsung digunakan. Cobalah untuk menyimpannya di lemari es. Bisa juga merendam dalam air es sekitar 1 jam. Usahakan agar hiasan tidak terbuka begitu saja. Cara ini menjaga kesegaran sayur dan mencegahnya cepat layu.

Jika membuat beberapa hiasan bunga. Maka, saat penyimpanannya pastikan tidak ada yang tertindih atau tertekan menggunakan bunga berikutnya. Kelopak harus dijaga dengan baik supaya tidak patah dan rusak. Meskipun membuatnya mudah, tetapi Anda tentu tidak ingin menghabiskan waktu hanya untuk mengulang pembuatan beberapa kali karena kesalahan penyimpanan.

Itulah cara dan tips menjaga hiasan tumpeng yang penting sekali untuk diketahui. Semakin hari, semakin banyak hiasan yang dapat dibuat sesuai kreativitas masing-masing. Jika di pedesaan, biasanya menghias tumpeng bersama-sama dengan ibu-ibu, saling membantu. Namun, untuk masyarakat perkotaan lebih direkomendasikan untuk Pesan Nasi Tumpeng di Taman Mini. Pesanlah melalui Royal Tumpeng di mana Anda bisa memesan untuk berbagai acara! Hubungi CS kami di 0812.8760.8239 atau email ke order@royaltumpeng.com. Tidak perlu ribet, hemat energi dan waktu.

5/5 - (7 votes)
×