Cobalah Resep Membuat Udang Balado yang Mudah Dengan Berbagai Kombinasi

Resep Membuat Udang Balado yang Mudah – Bosen dengan masakan balado itu-itu saja? Cobain deh beberapa resep membuat udang balado yang mudah berikut ini! Dijamin bakal ngabisin nasi karena rasanya yang sedap. (Baca juga: Resep Membuat Telur Asin yang Mudah).

1. Kalo kamu baru bisa masak udang asam manis atau udang goreng aja, yuk cobain masak udang balado yang gampang tapi rasanya nggak mengecewakan berikut.

copyright by lumbungresep.blogspot.com

Bahan:

  • ½ kg udang gala berukuran sedang
  • 1 buah jeruk nipis
  • Garam secukupnya
  • Gula merah sisir secukupnya

Bumbu: (dihaluskan)

  • 1 buah tomat potong-potong
  • 3 siung bawang putih
  • 5 biji bawang merah
  • 5 buah cabe rawit merah
  • 10 buah cabe jawa merah

Cara membuat:

  1. Bersihkan udang lalu berilah air perasan jeruk nipis dan diamkan sebentar biar bau amisnya ilang.
  2. Kalau sudah, goreng udang sampai setengah matang aja. Angkat dan tiriskan.
  3. Lalu tumis bumbu yang udah dihaluskan sampai harum dan beri dikit aja air. Masukkan garam dan gula merah lalu aduk rata.
  4. Masukin udang dan aduk rata perlahan.
  5. Kalau bumbu udah meresap, segera matikan api dan angkat hidangan lalu sajikan.

2. Buncis dibalado sama udang? Kenapa tidak! Bikin hidangan dengan resep kentang buncis udang balado yang mengkombinasikan kentang dan buncis dengan udang berikut.

copyright by kitabmasak.com

Bahan:

  • 1 ruas lengkuas dimemarkan
  • 2 buah kentang dikupas lalu dipotong balok
  • 4 helai daun salam
  • 75 gram buncis dipotong kira-kira setengah ruas
  • 100 gram udang dikupas dan dicuci bersih
  • Air secukupnya
  • Garam dan gula secukupnya

Bumbu: (dihaluskan)

  • 2 siung bawang putih
  • 5 biji bawang merah
  • 8 buah cabai merah jawa

Cara membuat:

  1. Goreng kentang setengah matang.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan lengkuas dan daun salam.
  3. Tambahkanudang lalu masak sampai warna berubah kemerahan,
  4. Barulah masukkan kentang dan buncis, aduk rata.
  5. Bubuhkan garam, gula dan kaldu bubuk, aduk rata.
  6. Tuangkan air secukupnya. Masak sampai air meresap lalu angkat dan sajikan bersama nasi putih hangat dan kerupuk.

3. Buat yang suka petai, resep sambal balado petai udang ini bisa jadi salah satu makanan favorit loh, Yuk dicoba cara membuatnya.

copyright by lofoodie.wordpress.com

Bahan:

  • ½ sdt air perasan jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt asam jawa
  • 1 batang serai dimemarkan
  • 2 sdt gula pasir
  • 2 helai daun salam
  • 15 mata petai dipotong jadi dua
  • 400 gr udang ukuran sedang

Bumbu: (dihaluskan)

  • 4 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 10 buah cabai jawa merah

Cara membuat:

  1. Bersihkan udang lalu rendam dengan perrasan air jeruk selama 15 menit.
  2. Goreng udang sampai setengah matang.
  3. Lalu tumislah bumbu halus sampai wangi dan masukkan daun salam, serai, dan lengkuas, aduk rata.
  4. Masukkan petai, setelah beberapa saat masukkan udang, asuk rata.
  5. Bubuhkan garam dan gula lalu aduk rata kemudian tuang iar.
  6. Masak sampai air surut sesekali diaduk.
  7. Matikan api, angkat hidangan dan sajikan.

4. Pengen kreasikan tempe dengan udang? Bisa kok! Dengan resep udang tempe kentang balado berikut ini dijamin semua akan senang saat mencobanya.

copyright by pinterest.com

Bahan:

  • 1 papan tempe dipotong dadu digoreng terlebih dahulu
  • 2 buah kentang dikupas, dipotong dadu lalu digoreng
  • 300 gr udang ukuran sedang dikupas lalu cuci bersih kemudian digoreng setengah matang
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu: (dihaluskan)

  • 1 ons cabe merah jawa
  • 1 buah tomat dipotong-potong
  • 53 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum.
  2. Tambahkan tempe, udang dan kentang yang sudah digoreng lalu aduk rata.
  3. Bubuhkan garam dan gula, aduk rata. Kemudian tuangkan air. Aduk rata dan tunggu sampai air meresap.
  4. Matikan api, angkat hidangan dan sajikan bersama nasi putih hangat.

5. Yang suka makan udang bisa dikreasikan dengan ati dan ampela. Berikut resep udang ati ampela balado yang bisa dicoba oleh para pencinta seafood.

copyright by bosresep.blogspot.com

Bahan:

  • ½ kg udang dikupas lalu dicuci bersih dan dogoreng
  • 1 batang serai
  • 1 ruas lengkuas dimemarkan
  • 3 helai daun jeruk
  • 3 helai daun salam
  • 4 sdm minyak untuk menumis
  • 5 buah ati ampela dicuci bersih lalu direbus dan dipotong-potong
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya

Bumbu: (dihaluskan)

  • 5 buah cabe rawit merah
  • 5 buah cabe jawa merah keriting
  • 5 siung bawang putih
  • 7 biji bawang merah

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai tercioum bau sedap.
  2. Masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan sere lalua duk rata.
  3. Tambahkan udang yang sudah digoreng, aduk rata.
  4. Baru tambahkan irisan ati ampela.
  5. Bubuhkan garam, guladan kaldu bubuk. Aduk rata.
  6. Tuangkan air dan masak sampai air meresap.
  7. Angkat dan sajikan hangat-hangat.

Ternyata nggak Cuma terong aja kan yang bisa dibuat sambal balado, udang juga bisa. Bahkan berbagai variasi resep membuat udang balado yang mudah di atas memiliki rasa yang jauh enaknya. Buruan dicoba ya!

[Total: 0 Average: 0]