Pesan Nasi Tumpeng di Tanjung Barat

Pesan Nasi Tumpeng di Tanjung Barat – Dari sekian banyak menu makanan berbahan dasar nasi yang paling populer, nasi tumpeng dianggap sebagai hidangan yang istimewa. Nasi tumpeng biasa dibuat dalam porsi besar sehingga bisa dinikmati oleh banyak orang. Tapi, siapa yang mengira jika ternyata nasi tumpeng memiliki filosofi makna yang tetap dipertahankan oleh masyarakat Bali dan Jawa.

Pesan Nasi Tumpeng di Tanjung Barat

Filosofi Nasi Tumpeng Bagi Masyarakat Bali dan Jawa

Mereka yang dilahirkan dan besar di Bali dan Jawa menilai nasi tumpeng sebagai makanan yang sangat istimewa. Budaya tumpengan di kedua wilayah tersebut dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu dan Islam, di mana tumpeng dianggap sebagai persembahan bagi Tuhan atau leluhur.

Pada zaman dahulu oleh masyarakat Bali dan Jawa, tumpeng hanya dibuat ketika mengadakan ritual atau upacara tertentu. Bahkan di bali, tumpeng masih diyakini memiliki unsur sakral karena pengaruh keagamaan yang kuat dari unsur Hindu.

Sedangkan untuk Pulau Jawa yang lebih banyak terpengaruh ajaran Islam, tumpeng diyakini sebagai sebuah simbol hasil akulturasi dari dua budaya lokal di tanah air.

Tapi, tidak jarang pula masyarakat Pulau Jawa yang membuat tumpeng untuk upacara tertentu termasuk selamatan, tradisi pernikahan bahkan upacara kelahiran anak. Sayangnya masih sedikit orang yang bisnis order nasi tumpeng di Tanjung Barat dan sekitarnya.

Di saat kekuasaan kerajaan Hindu dan Budha belum meredup, tumpeng dibuat dalam bentuk kerucut guna menyerupai gunung. Mereka menganggap gunung sebagai tempat yang sakral dan suci, karena konon di sana merupakan tempat bersemayam atau tempat tinggal dari para dewa dan dewi.

Intinya, gunung memang mempunyai peranan penting dalam nasi tumpeng tidak terkecuali nasi tumpeng yang dijual di Tanjung Barat. Semua customer direkomendasikan untuk pesan nasi tumpeng di Tanjung Barat online dalam bentuk kerucut. Di samping turut memilah-milih lauk pauk pendamping nasi tumpengnya.

Selain nasi tumpeng yang memiliki makna penting, ternyata pemakaian lauk pauk pun punya filosofi tertentu. Contohnya sayur urap atau ayam goreng yang sumbernya berasal langsung dari tumbuhan dan hewan. Berdasarkan filosofinya keduanya bermakna kehidupan.

Pesan Nasi Tumpeng di Tanjung Barat Ekonomis

Di saat manusia memaknai dengan benar filosofi dari sejarah tumpeng, termasuk makna kerucut dari bentuk nasi tumpeng dan arti tersirat dari sayur urap atau ayam goreng. Maka setidaknya manusia pun bisa memaknai kehidupan yang dipijaknya di bumi.

Jadi ketika pesan nasi tumpeng di Tanjung Barat murah jangan hanya tergiur dengan harganya saja yang terjangkau tapi pelajari pula keragaman makna dan filosofinya. Sebagaimana makhluk hidup yang berakal sudah sewajarnya jika manusia bisa hidup dengan baik bahkan menanjak tinggi seperti bentuk tumpeng.

Bila melihat dari sejarahnya, tumpengan sebenarnya bukan hanya populer dilakukan oleh masyarakat Bali dan Jawa saja. Bahkan dahulu di masa penjajahan kolonial Belanda, masyarakat Eropa suka sekali menyajikan nasi tumpeng.

Penyajian nasi tumpeng pun dilakukan pada acara pesta tertentu termasuk peresmian rumah baru atau bahkan perpisahan dengan pejabat. Hal yang kemudian juga berkembang di zaman modern. Di mana penyajian nasi tumpeng dilakukan untuk tujuan-tujuan tersebut.

Sekarang pun nasi tumpeng semakin modern dalam hal cita rasa, tampilan dan maksud kegunaan. Berbagai macam acara seperti Agustusan, ulang tahun, arisan besar, kenaikan jabatan, peresmian gedung dan sebagainya bisa ditemani oleh sajian lezat tumpeng. Anda yang butuh pesan nasi tumpeng di Tanjung Barat pun saat ini dapat memesan delivery order Royal Tumpeng.

Sending
User Rating 5 (1 vote)